UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ORGAN PERNAPASAN MANUSIA DENGAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS V MI MA’ARIF KENALAN BOROBUDUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014

INDARTI , NIM. 12485146 (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ORGAN PERNAPASAN MANUSIA DENGAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS V MI MA’ARIF KENALAN BOROBUDUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ORGAN PERNAPASAN MANUSIA DENGAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS V MI MA’ARIF KENALAN BOROBUDUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (463kB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ORGAN PERNAPASAN MANUSIA DENGAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS V MI MA’ARIF KENALAN BOROBUDUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (403kB)

Abstract

B. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang yang telah disampaikan, maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : 1. Bagaimana penerapan media gambar pada pembelajaran IPA materi organ pernapasan manusia ? 2. Bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPA materi organ pernapasan manusia ? C. Tujuan dan Kegunaan Penelitian Sejalan dengan rumusan masalah diatas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk : 1. Mengetahui bagaimana penerapan media gambar sebagai upaya meningkatkan hasil belajar IPA pada materi organ pernapasan manusia. 2. Mengetahui adanya peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPA materi organ pernapasan manusia setelah menggunakan media gambar. Adapun kegunaan dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah : 1. Bagi Guru Dapat menemukan model untuk pembelajaran IPA, dan memperoleh pengalaman praktis dalam mengembangkan pembelajaran inovatif bagi peningkatan kualitas proses dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. 2. Bagi Siswa Siswa memperoleh kesempatan aktif dalam pembelajaran, dan pemahaman IPA pada diri siswa jadi lebih terstruktur. 3. Bagi Sekolah Hasil penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi bagi sekolah sebagai salah satu alternatif meningkatkan mutu dan kinerja guru melalui penelitian tindakan kelas sehingga kualitas proses dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA pada khususnya dan seluruh mata pelajaran pada umumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. M. Jamroh Latief, M.Si
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2014 02:28
Last Modified: 16 Feb 2017 04:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14220

Actions (login required)

View Item View Item