PENGGUNAAN GARIS SATUAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH NGLUMUT SRUMBUNG MAGELANG TAHUN AJARAN 2013 / 2014

IDA ISWANTI, NIM. 13485311 (2014) PENGGUNAAN GARIS SATUAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH NGLUMUT SRUMBUNG MAGELANG TAHUN AJARAN 2013 / 2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN GARIS SATUAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH NGLUMUT SRUMBUNG MAGELANG TAHUN AJARAN 2013 / 2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (842kB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN GARIS SATUAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH NGLUMUT SRUMBUNG MAGELANG TAHUN AJARAN 2013 / 2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (193kB)

Abstract

Ida Iswanti, “ Penggunaan Garis Satuan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Nglumut Srumbung Magelang Tahun Ajaran 2013/2014”.Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa banyak siswa menganggap matematika sebagai ilmu yang sulit, rumit, dan memperdaya, sehingga menyebabkan rendahnya prestasi serta kurangnya motivasi siswa untuk mempelajari matematika di sekolah. Seperti yang terjadi pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Nglumut, nilai rata-rata pelajaran matematika masih rendah, bahkan menduduki peringkat terendah dari lima mata pelajaran umum dan dibawah KKM. Maka dari itu perlu diadakan penelitian dengan menggunakan metode pembelajaran yang baru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum penggunaan garis satuan dan apakah penggunaan garis satuan pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MI Muhammadiyah Nglumut, Srumbung, Magelang. Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan tes untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap data. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup : 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi dan 4) refleksi. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa, hasil belajar matematika siswa masih rendah, hal ini dapat diketahui dari hasil evaluasi tes awal dengan nilai KKM yang ditetapkan hanya ada 4 siswa yang mendapat nilai diatas KKM atau sekitar 36,36 % dengan nilai rata-rata 46,36. Setelah dilakukan tindakan ada peningkatan dari setiap siklusnya dan pada akhir siklus III diperoleh hasil nilai siswa diatas KKM sebanyak 9 anak atau sekitar 81,82 % dengan nilai rata-rata 68,18, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan garis satuan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas IV MI Muhammadiyah Nglumut Kecamatan Srumbung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Kata kunci : garis satuan, matematika, hasil belajar.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2014 02:33
Last Modified: 24 Feb 2017 07:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14222

Actions (login required)

View Item View Item