UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI TEAM QUIZ PADA PEMBELAJARAN FIQIH KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH TAMPINGAN TEGALREJO MAGELANG

ISTINGANAH , NIM. 12485103 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI TEAM QUIZ PADA PEMBELAJARAN FIQIH KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH TAMPINGAN TEGALREJO MAGELANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI TEAM QUIZ PADA PEMBELAJARAN FIQIH KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH TAMPINGAN TEGALREJO MAGELANG )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (463kB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI TEAM QUIZ PADA PEMBELAJARAN FIQIH KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH TAMPINGAN TEGALREJO MAGELANG )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (409kB)

Abstract

Istinganah ,Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Strategi Team Quiz Pada Pembelajaran Fiqih Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Tampingan, Tegalrejo, Magelang. Yogyakarta Program Studi Pendidikan Guru Madarasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2014. Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran fiqih di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Tampingan Tegalrejo, Magelang. Masih menggunakan metode konvensional, dimana guru belum bervariasi dalam memilih dan menggunakan metode pembelajaran, serta guru kurang memperhatikan kebutuhan siswa, sehingga prestasi belajar yang diraih siswa kurang maksimal. Maka dari itu, penulis merasa perlu untuk mengadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran sehingga dapat meningkatkan prestasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode team quiz. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui penerapan metode quiz pada pembelajaran fiqih dalam meningkatkan prestasi siswa kelas III, subyek penelitian ini adalah semua siswa kelas III yang berjumlah 19 siswa penelitian ini dilaksanakan tanggal 10 sampai 30 april 2014. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas ini berdasarkan pengumpulan data menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus pertama sebesar 63,26 kemudian pada siklus kedua meningkat menjadi 66,26. Dengan demikian penerapan metode team quiz dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III pada pelajaran fiqih materi puasa ramadhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Sukiman,M.Pd
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2014 04:13
Last Modified: 31 Jan 2017 03:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14225

Actions (login required)

View Item View Item