UPAYA MENINGKATKAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PLAYING CARDS (KARTU PERMAINAN) DALAM MEMAHAMI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS III SEMESTER II MI MA’ARIF NGLETER GRABAG MAGELANG TAHUN 2013/2014

HERI ZULIYANTO, NIM. 12485142 (2014) UPAYA MENINGKATKAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PLAYING CARDS (KARTU PERMAINAN) DALAM MEMAHAMI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS III SEMESTER II MI MA’ARIF NGLETER GRABAG MAGELANG TAHUN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PLAYING CARDS (KARTU PERMAINAN) DALAM MEMAHAMI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS III SEMESTER II MI MA’ARIF NGLETER GRABAG MAGELANG TAHUN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PLAYING CARDS (KARTU PERMAINAN) DALAM MEMAHAMI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS III SEMESTER II MI MA’ARIF NGLETER GRABAG MAGELANG TAHUN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (535kB)

Abstract

Heri Zuliyanto, “Upaya Meningkatkan Belajar Matematika Melalui Model Playing Cards (Kartu Permainan) Dalam Memahami Bangun Datar Pada Siswa Kelas III Semester II MI Ma’arif Ngleter Grabag Magelang Tahun 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran Matematika MI Ma’arif Ngleter, Tlogorejo, Grabag, Magelang, yaitu guru menggunakan metode ceramah di dalam kelas. Pada saat guru menyampaikan materi dengan metode ceramah, terlihat siswa kurang aktif, mengantuk, dan didominasi oleh sebagian kecil siswa. Hal itu terlihat dari kurangnya perhatian siswa ketika guru menjelaskan bangun datar dan sifat-sifat bangun datar serta antusias siswa yang rendah untuk menyelesaikan soal-soal yang diberikan oleh guru. Berangkat dari latar belakang tersebut perlu ditemukan cara terbaik untuk menciptakan pemahaman yang memotifasi siswa. Oleh karena itu, guru dituntut kemampuanya untuk berkomunikasi secara efektif dengan siswa. Untuk itu, tindakan kelas ini adalah untuk mewujudkan dan memperbaiki proses pembelajaran matematika yang imbasnya siswa lebih paham dalam belajar matematika tentang bangun datar pada pelajaran matematika. Untuk mengatasinya melalui model playing cards (Kartu Permainan) yang diharapkan siswa akan senang, timbulnya minat dan motivasi dan meningkatkan pemahaman mengengenai bangun datar pada mata pelajaran Matematika. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model Playing Cards (Kartu Permainan) ini pada pembelajaran bangun datar pelajaran matematika di kelas III MI Ma’arif Ngleter Tlogorejo Grabag Magelang. (2) Bagaimana pemahaman siswa kelas III MIM Ngleter Tlogorejo Grabag Magelang dalam pembelajaran bangun datar dengan menggunakan model Playing Cards (Kartu Permainan) (3) Bagaimana peningkatan prestasi belajar tentang bangun datar siswa kelas III MIM Ngleter Tlogorejo Grabag Magelang setelah menggunakan model pembelajaran Playing Cards (Kartu Permainan). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan siklus I sudah nilai rata-rata siswa sebesar 60 dengan siswa yang memenuhi standar KKM sebanyak 8 orang atau 53,3%. Siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 74,8 dengan siswa yang memenuhi standar KKM sebanyak 14 siswa, 1 siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM, tetapi siswa tersebut sudah dapat dikatakan berhasil dan meningkat dilihat dari nilai per siklus, sehingga dapat dikatakan model playing card (Kartu Permainan) tersebut dapat meningkatkan belajar matematika tentang bangun datar di kelas III MI Ma’arif Ngleter, Tlogorejo, Grabag, Magelang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Muhammad Qowim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran Matematika MI, Model Playing cards (Kartu Permainan), Meningkatkan Belajar Matematika.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2014 04:21
Last Modified: 14 Feb 2017 09:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14227

Actions (login required)

View Item View Item