UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI BERMAIN CONGKLAK PADA KELOMPOK B DI RAUDLATUL ATHFAL MUSLIMAT NU DA’WATUL KHOIRIYYAH KERTEN SECANG MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

HARIS ARIFAH , NIM. 12485139 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI BERMAIN CONGKLAK PADA KELOMPOK B DI RAUDLATUL ATHFAL MUSLIMAT NU DA’WATUL KHOIRIYYAH KERTEN SECANG MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI BERMAIN CONGKLAK PADA KELOMPOK B DI RAUDLATUL ATHFAL MUSLIMAT NU DA’WATUL KHOIRIYYAH KERTEN SECANG MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI BERMAIN CONGKLAK PADA KELOMPOK B DI RAUDLATUL ATHFAL MUSLIMAT NU DA’WATUL KHOIRIYYAH KERTEN SECANG MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (170kB)

Abstract

Haris Arifah, Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Bermain Congklak pada Kelompok B di Raudlatul Athfal Muslimat NU Da’watul Khoiriyyah Kerten Secang Magelang Jawa tengah Tahun Pelajaran 2013 / 2014, Skripsi, Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2014. Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan berhitung peserta didik pada kelompok B di Raudlatul Athfal Muslimat NU Da’watul khoiriyyah Kerten Secang Magelang masih rendah. Oleh karena itu perlu dilaksanakan penelitan untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan berhitung peserta didik. Salah satunya dengan menerapkan metode Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Yang bertujuan untuk mendeskrpsikan kemampuan berhitung peserta didik pada kelompok B di Raudlatul Athfal Muslimat NU Da’watul Khoiriyyah Kerten Secang Magelang melalui bermain congklak. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar di Raudlatul Athfal Muslimat NU Da’watul Khoiriyyah Kerten Secang Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan atau observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk melengkapi data obyek penelitian. Dalam penelitian ini juga menggunakan statistik sederhana untuk membantu mengetahui data. Penelitian ini mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berhitung melalui bermain congklak pada kelompok B yang dilakukan dalam dua siklus secara keseluruhan penelitian tindakan kelas dapat berjalan dengan lancar, serta terjadi perubahan yang positif dalam kemampuan berhitung peserta didik hal itu tampak pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran. Kemampuan berhitung peserta didik dilihat dari observasi awal sebesar 47, 05 % pada siklus I menjadi 61,76 % dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 79,41 %. Dengan demikian secara keseluruhan kemampuan berhitung mengalami peningkatan sebesar 32, 36 % dengan kategori sedang menjadi tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Suismanto, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kemampuan berhitung – Bermain congklak
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2014 04:29
Last Modified: 16 Feb 2017 02:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14229

Actions (login required)

View Item View Item