UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS II B MIN SEMANU TAHUN PELAJARAN 2013/2014

HARTINI, NIM. 13485253 (2014) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS II B MIN SEMANU TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS II B MIN SEMANU TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS II B MIN SEMANU TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (479kB)

Abstract

Hartini, “Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas II B MIN Semanu Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014 Tujuan penelitian yang dilakukan di MIN Semanu siswa kelas II B adalah sebagai berikut : (1) mendiskripsikan penerapan pembelajaran model kooperatif tipe student teams achivement division (STAD) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II B MIN Semanu. (2) mendiskripsikan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas II B MIN Semanu setelah menggunakan model kooperatif tipe student teams achivement division (STAD). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MIN Semanu. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi, evaluasi dan analisisnya datadata informasi dari siswa, guru, melalui dua tahap siklus penelitian tindakan kelas kelas dengan kegiatan urutan penelitian mencakup : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Dari hasil penelitian pada siklus I ini menunjukkan peningkatan dibandingkan pada tahap pra siklus (observasi awal). Pada tahap pra siklus nilai rata-rata hasil belajar 61,5 dan ketuntasan klasikalnya 61%, sedangkan pada siklus I Nilai rata-rata peserta didik 67,80 ketuntasan klasikalnya 67%. Pada siklus II peningkatan sebesar 14% dengan nilai rata-rata 75,60dan prosentase ketuntasan 75%, dari motivasi siswa dapat dilihat dari peningkatan mulai pra tindakan 26,60% kategori rendah menjadi 72,99% kategori tinggi pada siklus II. Ini berarti batas minimal motivasi dan prestasi siswa sudah terpenuhi karena nilai sudah diatas KKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra.Hj Asnafiyah,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Motivasi, Prestasi Belajar, Model Kooperatif Tipe STAD
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2014 04:31
Last Modified: 24 Feb 2017 07:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14230

Actions (login required)

View Item View Item