MEDIA PLASTISIN UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MOTORIK HALUS PESERTA DIDIK KELOMPOK A RAUDLATUL ATHFAL MUSLIMAT NU GINTUNG MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN 2013/2014

HARSINI, NIM. 12485369 (2014) MEDIA PLASTISIN UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MOTORIK HALUS PESERTA DIDIK KELOMPOK A RAUDLATUL ATHFAL MUSLIMAT NU GINTUNG MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MEDIA PLASTISIN UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MOTORIK HALUS PESERTA DIDIK KELOMPOK A RAUDLATUL ATHFAL MUSLIMAT NU GINTUNG MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MEDIA PLASTISIN UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MOTORIK HALUS PESERTA DIDIK KELOMPOK A RAUDLATUL ATHFAL MUSLIMAT NU GINTUNG MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Harsini. Media Plastisin untuk Meningkatkan Ketrampilan Motorik Halus Kelompok A Raudlatul Athfal Muslimat NU Gintung Jambewangi Magelang Jawa-tengah 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa pembelajaran ketrampilan motorik halus pada kelompok A RA Muslimat NU Gintung Magelang ini, masih relative kurang efektif sehingga motifasi dalam bermain ketrampilan motorik halus menjadi kurang terbangun, dan anakpun menjadi kurang di dalam ketrampilan motorik halusnya. Maka dari itu perlu diadakanya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran yang bisa meningkatkan ketrampilan motorik halus anak. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode bermain plastisin dalam ketrampilan motorik halus anak pada kelompok A RA Muslimat NU Gintung setelah strategi tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar RA Muslimat NU Gintung Jambewangi Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dokumentasi untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini menggunakan data sederhana untuk membantu mengungkap data. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik tringgulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukan : metode bermain plastisin efektif dalam pembelajaran ketrampilan motorik halus khususnya kelompok A RA Muslimat NU Gintung, hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan bermain plastisin anak terlihat sangat menyenangkan, saling melengkapi dan rasa nyaman terlihat dari saat mereka bermain tetapi kemandirian juga terlihat pada diri anak terbukti sekarang mereka lebih mandiri, tidak tergantung pada orang tua. Pada aspek ketrampilan motorik halus anak pada pra siklus 58,3 %, siklus I 75 % Kemudian pada siklus II 91,6 %. Hal ini mengalami peningkatan yang baik 16,6 % dengan demikian pada aspek ketrampilan motorik halus mengalami peningkatan pada setiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Suismanto, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Ketrampilan motorik halus , plastisin
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2014 07:01
Last Modified: 24 Feb 2017 07:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14233

Actions (login required)

View Item View Item