PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS III MI YAPPI BALEHARJO WONOSARI GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014

EDI SISWANTO , NIM. 13485243 (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS III MI YAPPI BALEHARJO WONOSARI GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS III MI YAPPI BALEHARJO WONOSARI GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS III MI YAPPI BALEHARJO WONOSARI GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Edi Siswanto, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih Siswa Kelas III MI YAPPI Baleharjo Wonosari Gunungkidul Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Rendahnya hasil belajar Fiqih siswa menjadi alasan perlunya perbaikan dalam model pembelajaran dan cara penyampaian materi kepada siswa. Salah satu faktor yang sangat menentukan mutu hasil pendidikan adalah model yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, ketepatan dalam menggunakan model pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Fiqih siswa kelas III MI YAPPI Baleharjo Wonosari Gunungkidul Tahun Pelajaran 2013/2014. Salah satu alternatif meningkatkan prestasi belajar adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Dengan model pembelajaran tipe Jigsaw diharapkan mampu menjawab permasalahan rendahnya prestasi belajar siswa. Penelitian ini difokuskan pada penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dalam mata pelajaran Fiqih di MI YAPPI Baleharjo Wonosari tahun pelajaran 2013/2014. Dengan mengambil subjek penelitian siswa kelas III dikarenakan kelas ini yang mempunyai permasalahan serius, yakni rendahnya prestasi belajar Fiqih. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dirancang 2 siklus dengan 2 kali pertemuan, yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode yang dipakai dalam pengumpulan data adalah metode observasi dan tes. Setelah melakukan penerapan model, observasi proses, evaluasi hasil, dan refleksi perilaku pembelajaran sebanyak dua siklus, diperoleh data bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. Hal ini bisa dibuktikan dengan ketuntasan klasikal dari data awal 45% menjadi 75% (siklus I) terjadi peningkatan 30%. Sedangkan dari siklus I rata-rata ketuntasan klasikal 75% menjadi 85% (siklus II) terjadi peningkatan sebesar 10%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Sarjono, M. S.I.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pembelajaran fiqih, prestasi belajar, dan Jigsaw
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2014 07:04
Last Modified: 31 Jan 2017 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14234

Actions (login required)

View Item View Item