UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA MATERI BILANGAN BULAT KELAS IV MI MA’ARIF GEMAMPANG KECAMATAN SALAM KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ENNY SURYANI, NIM. 12485134 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA MATERI BILANGAN BULAT KELAS IV MI MA’ARIF GEMAMPANG KECAMATAN SALAM KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA MATERI BILANGAN BULAT KELAS IV MI MA’ARIF GEMAMPANG KECAMATAN SALAM KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (604kB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA MATERI BILANGAN BULAT KELAS IV MI MA’ARIF GEMAMPANG KECAMATAN SALAM KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (517kB)

Abstract

Enny suryani, “Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika dengan Metode Demonstrasi pada Materi Bilangan Bulat kelas IV MI Ma’arif Gemampang Kadiluwih Kecamatan Salam Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini dilaksanakan karena dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar peserta didik dalam penguasaan materi pembelajaran pada materi bilangan bulat dalam kegiatan belajar mengajar, peristiwa yang sering terjadi adalah siswa kurang aktif,kurang berpartisipasi,kurang terlibat dan tidak punya inisiatif. Matematika merupakan salah satu bidang studi yang menduduki peranan penting dalam dunia pendidikan, karena dapat dilihat dari waktu jam pelajaran di sekolah yang lebih banyak dibanding pelajaran lainnya. Selain itu matematika termasuk dalam salah satu kemampuan dasar yang harus dikuasai siswa selain membaca dan menulis. Berdasarkan hasil ulangan harian mata pelajaran Matematika pada siswa kelas IV MI Ma’arif Gemampang Kadiluwih Salam Magelang yang berjumlah 14 siswa menunjukkan bahwa rata- rata siswa masih rendah aau dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal yang diharapkan yaitu di bawah 65. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa . Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model penelitian ini menggambarkan langkah hingga membentuk siklus yang terdiri dari dua siklus. Setiap langkah terdiri dari empat tahap yaitu: Perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi siswa yaitu pada siklus I masih ada 8 anak yang di bawah KKM (65) dan rata- rata nilai siswa 70,17 sedang yang di harapkan adalah rata- rata 80. Pada siklus II ada peningkatan yaitu rata- rata mencapai 80,37 dan yang mendapat nilai dari KKM (65) adalah 14 siswa atau mencapai 100%, selain itu indikator yang di harapkan adalah ketuntasan 80% maka dari itu penelitian ini dikatakan berhasil. Dan dapat diambil kesimpulan bahwa dengan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan motivasi siswa kelas IV MI Ma’arif Gemampang Kadiluwih kecamatan Salam Kabupaten Magelang pada tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Jamroh Latief, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2014 07:06
Last Modified: 31 Jan 2017 08:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14235

Actions (login required)

View Item View Item