UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP SIFAT-SIFAT BENDA PADAT PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN OUTHENTIC SISWA KELAS III MI SURODADI 3 SAWANGAN MAGELANG TAHUN 2013-2014

ENY AMBARWATI , NIM. 12415355 (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP SIFAT-SIFAT BENDA PADAT PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN OUTHENTIC SISWA KELAS III MI SURODADI 3 SAWANGAN MAGELANG TAHUN 2013-2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP SIFAT-SIFAT BENDA PADAT PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN OUTHENTIC SISWA KELAS III MI SURODADI 3 SAWANGAN MAGELANG TAHUN 2013-2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP SIFAT-SIFAT BENDA PADAT PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN OUTHENTIC SISWA KELAS III MI SURODADI 3 SAWANGAN MAGELANG TAHUN 2013-2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (479kB)

Abstract

Eny Ambarwati, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Sifat-sifat Benda Padat Pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pembelajaran Outhentic Siswa Kelas III MI Surodadi 3 Sawangan Magelang Tahun 2013-2014. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan aktifitas belajar siswa disebabkan guru masih mengunakan strategi pembelajaran yang bersifat konvensional dimana siswa lebih sering pasif dan mendengarkan penjelasan guru ketimbang berperan aktif dalam pembelajaran. Siswa masih bersifat individual, belum bekerja sama, siswa masih mengganggu temannya dan mengajak temannya yang belum bisa atau mendapat nilai jelek. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana penerapan pembelajaran IPA dengan menggunakan pembelajaran outhentic dapat meningkatkan hasil belajar konsep tentang sifat benda-benda padat pada pelajaran IPA di kelas III MIM Surodadi 3, (2) apakah dengan menggunakan pembelajaran outhentic dapat meningkatkan hasil belajar konsep tentang sifat benda-benda padat pada pelajaran IPA di kelas III MIM Surodadi 3. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar konsep sifat-sifat benda padat yang diambil dari hasil eksperimen. Indikator dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar konsep benda padat mencapai 50% dari jumlah siswa kelas III MIM Surodadi 3. Hasil menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran outhentic dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil observasi pada kegiatan pra tindakan hasil belajar siswa sebesar 33,3 % (rendah) persentase rata-rata siklus I sebesar 66,7 % (sedang) dan presentasi rata-rata siklus II sebesar 83,3 % (tinggi). Jadi ada peningkatan hasil belajar sebesar 50 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Nur Rohmah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pembelajaran IPA, Outhentic, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2014 07:08
Last Modified: 31 Jan 2017 08:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14236

Actions (login required)

View Item View Item