MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP TENTANG DENAH PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BAGI SISWA KELAS III MI MUHAMMADIYAH NGASEM GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014

DINAR ARYANI , NIM. 13485259 (2014) MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP TENTANG DENAH PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BAGI SISWA KELAS III MI MUHAMMADIYAH NGASEM GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP TENTANG DENAH PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BAGI SISWA KELAS III MI MUHAMMADIYAH NGASEM GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (660kB) | Preview
[img] Text (MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP TENTANG DENAH PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BAGI SISWA KELAS III MI MUHAMMADIYAH NGASEM GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (424kB)

Abstract

DINAR ARYANI. Meningkatkan Pemahaman Konsep Tentang Denah Dengan Menggunakan Alat Peraga Bagi Siswa Kelas III MI Muhammadiyah Ngasem Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Latar belakang diadakannya penelitian ini adalah bahwa pembelajaran IPS yang berjalan selama ini belum sesuai harapan, masih terdapat siswa yang terlihat rendah minatnya dalam mengikuti pembelajaran IPS, untuk itulah kemudian dicari penyebab dan solusinya.Sehingga digunakanlah pembelajaran dengan memaksimalkan alat peraga. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan prestasi dan hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS. Subyek penelitian adalah siswa kelas III MI Muhammadiyah Ngasem, Playen, Gunungkidul tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 10 siswa. Penelitian ini ditempuh dalam dua siklus. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan ini yaitu memprioritaskan dan fokus pada penggunaan alat peraga. Meskipun ada penggabungan beberapa metode seperti ceramah, tanya jawab, namun hanya sebagai pelengkap dalam penelitian ini. Hasil yang diperoleh setelah dilakukan penelitian yaitu keaktifan dan perhatian siswa terhadap pembelajaran menjadi lebih meningkat jika dibandingkan dengan sebelumnya, sehingga penguasaan terhadap materi pelajaran juga mengalami peningkatan yang akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Dari hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa pertama, sebelum Pra Siklus nilai rata-rata 51,0. Pada tindakan siklus I nilai rata – rata menjadi 69,0 ( naik 18,0 ). Dan siklus II lanjutan dari siklus ke I nilai rata – rata menjadi 79,5 ( naik 10,5 ). Dan kenaikan keseluruhan sebelum adanya penelitian sampai siklus dua yaitu kurang lebih 55%. Kedua,dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pembelajaran dan alat peraga yang sesuai di MI Muhammadiyah Ngasem, dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan maksimal dari nilai rata – rata 51,0 menjadi 79,5.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs.H.M.Jamroh Latief, M.Si
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2014 07:17
Last Modified: 31 Jan 2017 07:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14238

Actions (login required)

View Item View Item