UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA GAMBAR DENGAN METODE BERMAIN PASANG KATA KELOMPOK B 2 RA MUSLIMAT NU SUMBERARUM II KECAMATAN TEMPURAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

DWI ARIYANTI WAHYUNINGTYAS , NIM. 12485127 (2014) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA GAMBAR DENGAN METODE BERMAIN PASANG KATA KELOMPOK B 2 RA MUSLIMAT NU SUMBERARUM II KECAMATAN TEMPURAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA GAMBAR DENGAN METODE BERMAIN PASANG KATA KELOMPOK B 2 RA MUSLIMAT NU SUMBERARUM II KECAMATAN TEMPURAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (938kB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA GAMBAR DENGAN METODE BERMAIN PASANG KATA KELOMPOK B 2 RA MUSLIMAT NU SUMBERARUM II KECAMATAN TEMPURAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (147kB)

Abstract

Dwi Ariyanti Wahyuningtyas,” Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Gambar dengan Metode Bermain Pasang Kata.” Pada kelompok B2 di RA Muslimat NU Sumberarum II Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Kemampuan membaca gambar pada kelompok B2 RA Muslimat NU Sumberarum II Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang, belum menunjukkan hasil yang baik dan optimal karena peran guru belum memberikan pembelajaran sesuai dengan metode. Maka dari itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kemampuan peserta didik dalam peningkatan membaca gambar. Untuk mengatasi masalah tersebut hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan metode bermain yang sesuai dengan ciri khas peserta didik taman kanak-kanak yaitu bermain sambil belajar. Tujuan dari metode bermain pasang kata dapat meningkatkan kemampuan membaca gambar kelompok B 2 RA Muslimat NU Sumberarum II. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar belakang RA Muslimat NU Sumbrarum II kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang Pengumpulan data ilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi untuk melengkapi data yang akan diungkap. Dalam penelitian ini digunakan urutan kegiatan penelitian yang mencakup: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan refleksi. Permasalahan yang dikaji dalam Penelitian ini adalah pertama Bagaimana pelaksanaan metode bermain pasang kata di kelompok B 2 RA Muslimat NU Sumberarum II, kedua Bagaimana kemampuan membaca gambar pada peserta didik kelompok B 2 RA Muslimat NU Sumberarum II setelah penggunaan metode bermain pasang kata. Hasil penelitian menunjukkan:1) Pelaksanaan pembelajaran membaca gambar dengan metode bermain pasang kata peserta didik merasa senang dan semangat dan mampu melakukan permainan pasang kata dengan baik. 2) Metode bermain pasang kata dapat meningkatkan kemampuan membaca gambar di kelompok B 2 RA Muslimat NU Sumberarum II. Hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan kemampuan membaca gambar, peserta didik terlihat antusias dan merasa tidak terbebani dalam mengikuti pembelajaran membaca gambar . Pada aspek keseriusan peserta didik dalam kemampuan membaca gambar pada siklus I mengalami peningkatan, kemudian pada siklus II peserta didik mengalami peningkatan. Dengan demikian pada aspek tanggapan dan keseriusan, mengikuti permainan mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Rofik, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kemampuan Membaca Gambar , Bermain Pasang Kata.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2014 07:26
Last Modified: 31 Jan 2017 07:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14241

Actions (login required)

View Item View Item