PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II MI MUHAMMADIYAH KRADENAN 2 TAHUN PELAJARAN 2013/2014

DHANIK WAKHDIATI , NIM. 12485125 (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II MI MUHAMMADIYAH KRADENAN 2 TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II MI MUHAMMADIYAH KRADENAN 2 TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (646kB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II MI MUHAMMADIYAH KRADENAN 2 TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

DHANIK WAKHDIATI. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV Semester II MI Muhammadiyah Kradenan 2 Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV semester II MI Muhammadiyah Kradenan 2, tahun pelajaran 2013/2014 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kontekstual dan bagaimana peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual pada pelajaran IPS siswa kelas IV MI Muhammadiyah Kradenan 2? Guna menjawab pertanyaan tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: (1) adanya peningkatan keaktifan siswa yang mencapai 70%, (2) adanya peningkatan hasil belajar IPS siswa, yaitu meningkatnya hasil belajar siswa diatas KKM 65 yang mencapai 80% dari jumlah siswa kelas IV MI Muhammadiyah Kradenan 2. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama penerapan model pembelajaran kontekstual dilaksanakan melalui beberapa tahapan, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dengan model pembelajaran kontekstual dan kegiatan akhir dengan evaluasi. Pada siklus I siswa belum paham dengan model pembelajaran yang diterapkan dan waktu pembelajaran kurang. Pada siklus II siswa sudah paham dan waktu pembelajaran ditambah. Sehingga dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pelajaran IPS, kedua peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran meningkat, yang meliputi; perhatian siswa, partisipasi siswa, partisipasi dalam kerja kelompok, presentasi hasil keja kelompok dan mengungkapkan gagasan. Rata-rata keaktifan siswa menggunakan model pembelajaran kontekstual pada siklus I meningkat menjadi 51,42%, pada siklus II rata-rata keaktifan siswa lebih meningkat lagi menjadi 74,28%. Sedangkan hasil belajar pada siklus I meningkat dengan nilai rata-rata 73,57, pada siklus II lebih meningkat menjadi 84,28. Peningkatan hasil belajar siklus I 7,15 dan siklus II 10,71. Berdasarkan pencapaian hasil KKM yang sudah ditentukan oleh sekolah yaitu 65, setelah dilakukan penelitian pada siklus I siswa yang mencapai KKM adalah 71,42%, dan pada penelitian siklus II siswa yang mencapai KKM adalah 92,85%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Sabarudin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Keaktifan dan Hasil Belajar IPS.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2014 07:32
Last Modified: 31 Jan 2017 08:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14244

Actions (login required)

View Item View Item