PENGGUNAAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II DI MI MUHAMMADIYAH DANUREJO MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

DWI MEGAWATI , NIM. 12485128 (2014) PENGGUNAAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II DI MI MUHAMMADIYAH DANUREJO MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II DI MI MUHAMMADIYAH DANUREJO MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II DI MI MUHAMMADIYAH DANUREJO MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (257kB)

Abstract

DWI MEGAWATI: Penggunaan Metode Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI Muhammadiyah Danurejo Tahun Pelajaran 2013/2014.Skripsi.Yogyakarta:Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga,2014. Membaca di sekolah dasar merupakan landasan bagi tingkat pendidikan yang lebih tinggi, sebagai kemampuan yang mendasari tingkat pendidikan selanjutnya, maka membaca perlu mendapat perhatian dari guru, sebab jika dasarnya tidak kuat pada tahap pendidikan berikutnya siswa akan mengalami kesulitan untuk dapat memperoleh dan memiliki pengetahuan. Salah satu permasalahan yang masih menjadi kendala adalah masih ada beberapa anak yang belum bisa membaca khususnya di kelas II.Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk berani mencoba, berlatih, salah satunya adalah guru menggunakan metode Drill. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode Drill untuk meningkatkan kemampuan membaca mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II di MI Muhammadiyah Danurejo, (2) Apakah penerapan metode Drill dapat meningkatkan kemampuan membaca mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II di MI Muhammadiyah Danurejo. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus,yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan,tindakan,observasi,dan reffleksi. Setelah dilaksanakan observasi dan penelitian dilapangan serta tes disetiap akhir siklus maka ditemukan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Danurejo sebelum menggunakan metode Drill dalam kategori cukup yaitu sebesar 64,10, pada siklus I meningkat menjadi 65,9. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 87,2 setelah menggunakan metode Drill.Menurut hasil analisa menunjukkan bahwa metode Drill terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca sebesar 36,03%.Maka hipotesis mengatakan bahwa metode Drill dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan membaca dan terbukti kebenarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : DR. Istiningsih
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2014 07:58
Last Modified: 31 Jan 2017 08:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14246

Actions (login required)

View Item View Item