UPAYA MEMPERBAIKI PELAFALAN, GERAKAN, DAN BACAAN SALAT MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA PESERTA DIDIK KELAS II SEMESTER GASAL MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MA’ARIF PONGGOL TAMANAGUNG MUNTILAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

HARYANI , NIM. 12485141 (2014) UPAYA MEMPERBAIKI PELAFALAN, GERAKAN, DAN BACAAN SALAT MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA PESERTA DIDIK KELAS II SEMESTER GASAL MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MA’ARIF PONGGOL TAMANAGUNG MUNTILAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MEMPERBAIKI PELAFALAN, GERAKAN, DAN BACAAN SALAT MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA PESERTA DIDIK KELAS II SEMESTER GASAL MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MA’ARIF PONGGOL TAMANAGUNG MUNTILAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text (UPAYA MEMPERBAIKI PELAFALAN, GERAKAN, DAN BACAAN SALAT MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA PESERTA DIDIK KELAS II SEMESTER GASAL MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MA’ARIF PONGGOL TAMANAGUNG MUNTILAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (131kB)

Abstract

HARYANI. Upaya meningkatkan prestasi belajar Fiqih pokok bahasan salat fardlu melalui metode demonstrasi pada peserta didik kelas dua semester gasal Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma’arif Ponggol Tamanagung Muntilan Magelang. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2014. Yang melatar belakangi masalah ini adalah kurangnya penguasaan materi tentang salat fardlu dari segi bacaan, gerakan dan pelafalan dalam salat, sehingga dalam mempraktekkannya sehari hari belum terampil. Oleh karenanya maka sampai saat ini penyampaian materi pembelajaran tentang salat pada peserta didik kelas II belum tercapai sebagaimana yang diharapkan. Untuk itulah perlu diadakannya suatu penelitian guna meningkatkan prestasi belajar dengan menerapkan metode pembelajaran yang lain dengan harapan dapat memperbaiki serta meningkatkan kualitas peserta didik tentang salat. Penelitian ini adalah merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran Fiqih dan sekaligus untuk meningkatkan prestasi peserta didik dalam pembelajaran salat fardlu pada peserta didik kelas II Madrasah Ibtidaiyah (MI) setelah penerapan metode demonstrasi. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar belakang MI Ma’arif Ponggol Tamanagung Muntilan Magelang. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan melalui pengamatan dan wawancara yang akurat serta dilengkapi dengan dokumentasi pada kegiatan yang dilakukan. Untuk membantu dalam mengungkapkan data dilakukan dengan menggunakan perhitungan sederhana, sedangkan dalam memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Adapun urutan pada kegiatan penelitian ini adalah mencakup; (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode demonstrasi yang digunakan pada pembelajaran salat khususnya di kelas II MI Ma’arif Ponggol Tamanagung Muntilan Magelang sangat tepat. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan penguasaan peserta didik pada bacaan, gerakan, dan pelafalan serta antusias untuk mengikuti pembelajaran. Dari kesimpulan pengamatan terlihat nilai penguasaannya adalah: pada siklus I nilai rata-ratanya 68,7, kemudian pada siklus II nilai rata-ratanya 76,7. Dengan demikian penguasaan materi salat mengalami peningkatan yang baik pada setiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2014 08:03
Last Modified: 16 Feb 2017 03:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14247

Actions (login required)

View Item View Item