UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II DENGAN MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA DI MI YAPPI NGLEBENG NGLIPAR GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

AGUNG PRASETYO NUGROHO , NIM. 12485092 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II DENGAN MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA DI MI YAPPI NGLEBENG NGLIPAR GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II DENGAN MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA DI MI YAPPI NGLEBENG NGLIPAR GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II DENGAN MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA DI MI YAPPI NGLEBENG NGLIPAR GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Agung Prasetyo Nugroho, “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas II Dengan Menggunakan Metode Jarimatika di Mi Yappi Nglebeng Nglipar Gunungkidul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014”, Skripsi, Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas II MI YAPPI Nglebeng dengan menggunakan metode jarimatika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang disusun oleh penulis sekaligus sebagai wali kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas II MI YAPPI Nglebeng, kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang berjumlah enam siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Siklus pertama terdiri atas dua kali pertemuan, yaitu pertemuan pertama dilaksanakan pada tanggal 3 Maret 2014 dan pertemuan kedua pada tanggal 17 maret 2014. Demikian juga pada siklus kedua terdiri atas dua kali pertemuan , yaitu pada tanggal 26 maret 2014 dan tahap kedua pada tanggal 1 April 2014. Analisis data pada penelitian ini adalah diskriptif kuantitaif dan kualitatif. Instrumen yang dipakai adalah tes dan observasi serta catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode jarimatika pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II di MI YAPPI Nglebeng berupa peningkatan nilai rata-rata kelas. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata siswa materi perkalian dengan nilai pretest atau pra tindakan hanya mencapai 55,00, sedangkan perolehan nilai rata-rata kelas pada siklus pertama sebesar 65,00, setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua meningkat menjadi 78,33 pada tahap pertama dan mengalami peningkatan kembali pada tahap kedua menjadi 88,33. Jika dihitung dalam bentuk persen kenaikan tersebut sebesar 16,06%. Hal tersebut menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran materi perkalian menggunakan metode jarimatika dapat ditingkatkan sehingga guru dan siswa menjadi lebih aktif dan proses kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Istiningsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Metode Jarimatika, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Oct 2014 15:16
Last Modified: 31 Jan 2017 13:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14250

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum