UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN METODE EVERY ONE IS A TEACHER HERE SISWA KELAS V MI SUKOSARI BANDONGAN MAGELANG 2013/2014

WIWIK NUR KHOLIFAH , NIM. 13485304 (2014) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN METODE EVERY ONE IS A TEACHER HERE SISWA KELAS V MI SUKOSARI BANDONGAN MAGELANG 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN METODE EVERY ONE IS A TEACHER HERE SISWA KELAS V MI SUKOSARI BANDONGAN MAGELANG 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text ( UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN METODE EVERY ONE IS A TEACHER HERE SISWA KELAS V MI SUKOSARI BANDONGAN MAGELANG 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (369kB)

Abstract

Wiwik Nur Kholifah, “Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Metode Every One Is A teacher Here Kelas V MI Sukosari Bandongan Magelang. Skripsi Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial memerlukan sebuah pendekatan yang lebih memberdayakan siswa dengan harapan siswa mampu membangun (mengkonstruksikan) pengetahuan dalam benak mereka, bukan menghafal fakta.. Sehingga pembelajaran akan lebih bermakna. Namun dalam realitanya proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MI Sukosari Bandongan Magelang selama ini masih secara konvensional, yaitu masih menggunakan model ceramah atau ekspositori, di mana siswa masih menjadi obyek pembelajaran. Maka metode yang digunakan peneliti adalah metode pembelajara active learning, tipe every one is a teacher here, , dan dari metode ini tercipta belajar mandiri maupun belajar bersama antar siswa dengan guru sebagai fasilitator. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah hasil belajar pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sebelum diterapkannya metode pembelajaran active learning tipe every one is a teacher here?, (2) Bagaimanakah penerapan metode pembelajaran active learning tipe every one is a teacher here dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial?, (3)Apakah penerapan pembelajaran active learning tipe every one is a teacher here dapat meningkatkan prestasi atau hasil belajar siswa? Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan , observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dari penelitian ini meliputi: data tentang hasil belajar siswa, Metode observasi ini dilakukan untuk mendapatkan data yang benar-benar dipercaya atau lebih mendekati kebenaran, sehingga perlu peneliti melaksanakan observasi di lapangan. Adapun indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Nilai siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65, (2) Sebanyak 75% dari jumlah siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Hasil pengamatan pembelajaran dengan metode pembelajaran active learning tipe every one is a teacher here yaitu pada siklus 1 hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa 63,33 dan ketuntasan mencapai 50 % atau ada 6 siswa yang sudah tuntas dari 12 siswa. Pada siklus I rata-rata hasil belajar adalah 63,33 dengan presentase ketuntasan 50 %, sedangkan pada siklus II rata-rata presentase hasil belajar adalah 75,42 dengan presentase ketuntasan 83,33 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Ahmad Saud Asrori M,Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Metode every one is a teacher here, hasil belajar, pembelajaran IPS
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2014 08:27
Last Modified: 28 Feb 2017 02:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14255

Actions (login required)

View Item View Item