PENGEMBANGAN MODUL KIMIA ELEKTRONIK BERBASIS PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) MATERI POKOK GEOMETRI MOLEKUL DAN HIBRIDISASI UNTUK SMA/MA KELAS X SEMESTER GASAL

MAFIKA YEKTI ARWENI, NIM. 10670038 (2014) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA ELEKTRONIK BERBASIS PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) MATERI POKOK GEOMETRI MOLEKUL DAN HIBRIDISASI UNTUK SMA/MA KELAS X SEMESTER GASAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL KIMIA ELEKTRONIK BERBASIS PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) MATERI POKOK GEOMETRI MOLEKUL DAN HIBRIDISASI UNTUK SMA/MA KELAS X SEMESTER GASAL)
Bab I, V, Daftar Pustaka, Lampiran.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL KIMIA ELEKTRONIK BERBASIS PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) MATERI POKOK GEOMETRI MOLEKUL DAN HIBRIDISASI UNTUK SMA/MA KELAS X SEMESTER GASAL)
Bab II, II, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadopsi model pengembangan 4D. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ciri proses dan karakteristik modul kimia elektronik berbasis pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Materi Pokok Geometri Molekul dan Hibridisasi untuk SMA/MA kelas X semester gasal. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui kualitas modul kimia elektronik berbasis pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Materi Pokok Geometri Molekul dan Hibridisasi untuk SMA/MA kelas X semester gasal. Pengembangan Modul Kimia Elektronik ini dibimbing oleh dosen pembimbing serta mendapat masukan dan penilaian dari dua dosen ahli (ahli materi, dan ahli media) dan tiga guru serta respon 10 siswa SMA/MA di Yogyakarta. Instrumen penilaian Modul Kimia Elektronik berupa lembar skala 5 yang berisi aspek dengan kriteria tertentu. Penilaian produk Modul Kimia Elektronik meliputi 8 aspek penilaian perangkat pembelajaran yang dijabarkan dalam 30 indikator penilaian.Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas Modul Kimia Elektronik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Modul Kimia Elektronik berbasis SAVI menurut penilaian ahli materi memperoleh skor 75 dengan persentase keidealan 83,5% sehingga memiliki kategori Sangat Baik (SB), sedangkan menurut penilaian ahli media memperoleh skor 55 dengan persentase keidealan 83,92% sehingga memiliki kategori Sangat Baik (SB), menurut penilaian tiga guru IPA SMP/MTs memperoleh skor 382 dengan persentase keidealan 84,88% sehingga memiliki kategori Sangat Baik (SB), dan dari respon 10 siswa diperoleh skor 198 dengan persentase keidealan 82,5%, sehingga produk Modul Kimia Elektronik tersebut layak digunakan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru serta respon siswa dalam pembelajaran SMA/MA di sekolah. Kata kunci: penelitian pengembangan, modul kimia elektronik, SAVI, geometri molekul, hibridisasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: 1. Fitri Yuliawati, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: penelitian pengembangan, modul kimia elektronik, SAVI, geometri molekul, hibridisasi
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Oct 2014 10:01
Last Modified: 23 Feb 2016 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14258

Actions (login required)

View Item View Item