UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAKEM PADA SISWA KELAS V MI MA'ARIF MAESAN WAHYUHARJO LENDAH KULON PROGO

UMI SHOLICHAH , NIM. 13485235 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAKEM PADA SISWA KELAS V MI MA'ARIF MAESAN WAHYUHARJO LENDAH KULON PROGO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAKEM PADA SISWA KELAS V MI MA'ARIF MAESAN WAHYUHARJO LENDAH KULON PROGO )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAKEM PADA SISWA KELAS V MI MA'ARIF MAESAN WAHYUHARJO LENDAH KULON PROGO )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (212kB)

Abstract

Umi Sholichah, "Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS melalui pembelajaran PAKEM pada siswa kelas V MI Ma'arif Maesan Wahyuharjo Lendah Kulon Progo ". Skripsi. Yogyakarta: Fakultas IImu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kegiatan belajar mengajar melalui pembelajaran PAKEM dan untuk mengetahui bagaimana aktifitas siswa selama proses belajar mengajar melalui pembelajaran PAKEM bagi siswa kelas V MI Ma'arif Maesan Wahyuharjo Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo. Bentuk Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V MI Ma'arif Maesan Wahyuharjo Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi, wawancara, angket dan observasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata nilai dan presentasi ketuntasan belajar dengan indikator keberhasilan 75% dari jumlah siswa mencapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran PAKEM dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi pokok proklamasi kemerdekaan RI bagi siswa kelas V MI Ma'arif Maesan Wahyuharjo Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo. Peningkatan keaktifan siswa pada siklus I ada 5 siswa aktif (50%) meningkat disiklus II 10 siswa aktif (100%) dan peningkatan prestasi belajar pada siklus I sebesar 40% pada siklus II meningkat menjadi 80% sedangkan rata-rata nilai dari siklus I 60,1 meningkat disiklus II menjadi 75,4.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Luluk Mauluah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Prestasi belajar, Pembelajaran, PAKEM, IPS
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 22 Oct 2014 04:04
Last Modified: 28 Feb 2017 03:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14259

Actions (login required)

View Item View Item