MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA SISWA KELAS III MI MA’ARIF NGARGOSOKO SRUMBUNG MAGELANG

SUDARTI, NIM. 12485112 (2014) MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA SISWA KELAS III MI MA’ARIF NGARGOSOKO SRUMBUNG MAGELANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA SISWA KELAS III MI MA’ARIF NGARGOSOKO SRUMBUNG MAGELANG)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA SISWA KELAS III MI MA’ARIF NGARGOSOKO SRUMBUNG MAGELANG)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (164kB)

Abstract

Sudarti. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa melalui Metode Pembelajaran Discovery IPA Kelas III MI Ma’arif Ngargosoka, Srumbung, Magelang. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yoyakarta. 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah berdasarkan observasi awal prosesntase ketuntasan belajar siswa masih rendah dapat dilihat dari ulangan harian pokok bahasan gerak benda. Hal ini disebabkan guru masih menggunakan model pembalajaran yang konvensional saja sehingga sebagian siswa enggan mendengatkan dan merasa jenuh dalam mengikuti pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa adalah dengan menerapkan Metode Pembelajaran discovery dengan kerja kelompok. Metode Pembelajaran discovery sering dikenal dengan nama metode penemuan. Metode ini dirancang agar siswa mau bertanya dan kemudian menemukan jawaban mereka sendiri melalui praktek. Kerja kelompok menuntut siswa untuk bisa bekerja sama antara satu dengan yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui Metode Pembelajaran interaktif dengan kerja kelompok di MI Ma’arif Ngargosoka Srumbung Magelang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus kegiatan. Dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan mengikuti prosedur Kemmis S, MC Toggar R yang mencakup kegiatan : 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi dan 4) Refleksi. Subyek penelitian adalah siswa siswi kelas III MI Ma’arif Ngargosoka Srumbung Magelang. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes, wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data penelitian dengan menggunakan prosentase ketuntasan belajar. Sedang untuk memeriksa keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kinerja belajar siswa meningkat setelah melaksanakan proses pembelajaran IPA menggunakan Metode Pembelajaran interaktif. Siswa sangat antusias membahas topik dalam diskusi dan berusaha menjawab dan menemukan informasi tentang topik itu. Setelah dilakukan pembagian tugas kelompok siswa bekerja sesuai dengan tugas masing-masing; 2) Prestasi belajar siswa meningkat setelah mengalami pembelajaran interaktif dengan tugas kelompok. Pada siklus I prestasi yang mencapai ketuntasan sebesar 75% dan pada siklus II sebesar 100%. Dan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 25%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 22 Oct 2014 04:06
Last Modified: 28 Feb 2017 08:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14260

Actions (login required)

View Item View Item