PENERAPAN STRATEGI SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN STRUKTUR BUMI PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V MADRASAH IBTIDA’IYAH MA’ARIF KARANGPAKEL TRUCUK KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

WAHYUTI , NIM.13485294 (2014) PENERAPAN STRATEGI SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN STRUKTUR BUMI PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V MADRASAH IBTIDA’IYAH MA’ARIF KARANGPAKEL TRUCUK KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN STRUKTUR BUMI PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V MADRASAH IBTIDA’IYAH MA’ARIF KARANGPAKEL TRUCUK KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN STRUKTUR BUMI PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V MADRASAH IBTIDA’IYAH MA’ARIF KARANGPAKEL TRUCUK KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)

Abstract

Wahyuti,“Penerapan Strategi Saint Tehnologi Masyarakat untuk Meningkatkan Kemampuan Mendeskripsikan Bumi Pada Pembelajaran IPA Kelas V MI Ma’arif Karangpakel Trucuk Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi , Yokyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Dalam pembelajaran IPA, siswa harus dilibatkan secara aktif untuk mengetahui permasalahan yang terjadi di alam sekitar seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi. Jika hal tersebut tidak tercakup dalam pembelajaran dapat berpengaruh pada penguasaan konsep IPA dan akan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Di MI Ma’arif Karangpakel dalam proses pembelajaran masih kurang bervariasi dalam menggunakan pendekatan pembelajaran, siswa belum aktif dalam pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan pendekatan strategi pendekatan sains teknologi masyarakat yang menuntut siswa untuk aktif, berani mengemukakan pendapat, mengetahui permasalahan di masyarakat dan mengetahui cara mengatasi masalah yang ada. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar struktur bumi melalui pendekatan sains teknologi masyarakat pada siswa kelas V MI Ma’arif Karangpakel. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mendeskripsikan struktur bumi dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini dilakukakan secara kolaborasi antara guru matematika, kepala sekolah dan peneliti bersifat praktis, situasiona,l dan kondisional berdasarkan permasalahan yang muncul dalam pembelajaran. PTK adalah kajian sistematik dari upaya perbaikan pelaksanaan praktek pendidikan oleh sekelompok guru dengan melakukan tindakan-tindakan dalam pembelajaran, berdasarkan refleksi mereka mengenai hasil tindakan tersebut. Dalam Penelitian Tindakan Kelas, peneliti melakukan suatu tindakan yang secara khusus diamati terus menerus, kemudian diadakan perubahan terkontrol sampai pada upaya maksimal dalam bentuk tindakan yang paling tepat. PTK ini merupakan kegiatan pemecahan masalah yang dimulai dari: a) perencanaan b) penelitian, c) observasi, dan d) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa tersebut tampak dari prosentase ketuntasan dalam pembelajaran yaitu rata-rata nilai pre test adalah 55.90 dengan presentase ketuntasan 27.27 %. Pada siklus I rata-rata hasil belajar adalah 67.72 dengan presentase ketuntasan 54.54 %, sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar 83.18 dengan presentase ketuntasan 100 %. Ratarata hasil belajar siklus I dan siklus II adalah75.45.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr.Sukiman
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pembelajaran IPA SD/MI, Saint Tehnologi Masyarakat.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Oct 2014 11:07
Last Modified: 28 Feb 2017 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14261

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum