UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA TENTANG PERPINDAHAN ENERGI PANAS MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF NGADIPURO DUKUN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SITI SARIFAH , NIM. 12485201 (2014) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA TENTANG PERPINDAHAN ENERGI PANAS MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF NGADIPURO DUKUN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA TENTANG PERPINDAHAN ENERGI PANAS MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF NGADIPURO DUKUN TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA TENTANG PERPINDAHAN ENERGI PANAS MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF NGADIPURO DUKUN TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

SITI SARIFAH. “Upaya Meningkatkan Minat Belajar IPA Tentang Perpindahan Energi Panas Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV MI Ma‟arif Ngadipuro Dukun”, Magelang. Skripsi : Yogyakarta jurusan Pedidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Keguruan Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa pembelajaran IPA pada kelas IV di MI Ma‟arif Ngadipuro Dukun Magelang masih kurang efektif serta penyampaian guru masih konvensional sehingga siswa enggan mendengarkan penjelasan guru serta minat belajar siswa juga kurang. Maka dari itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan metode yang dapat meningkatkan minat siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA dan meningkatkan minat belajar siswa kelas IV setelah metode diterapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MI Ma‟arif Ngadipuro Dukun Magelang. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dalam Penelitian ini juga menggunakan data penskoran dan persentase untuk mengungkap data. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) Perencanaan,(2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Hasil penelitian: (1) penerapan metode Eksperimen dalam pembelajaran IPA dilakukan dalam dua siklus untuk meningkatkan minat belajar siswa di kelas IV. (2) Penerapan metode eksperimen pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan minat belajar siswa. Peningkatan dapat dilihat dari hasil angket siswa. Pada angket siswa pra tindakan mendapatkan persentase perskoran sebesar 41,9 %, siklus I meningkat menjadi 62,8 % dan siklus II menjadi 77,5 %. Peningkatan minat belajar siswa tersebut meningkat secara bertahap dari kategori rendah, sedang, kemudian tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Nur Munajad M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Minat, Metode Eksperimen, IPA.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 22 Oct 2014 04:09
Last Modified: 28 Feb 2017 07:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14262

Actions (login required)

View Item View Item