UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MUFRODAT MELALUI METODE CARD SORT PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV SEMESTER II DI MI NURUL HIDAYAH TRENTEN CANDIMULYO MAGELANG TAHUN 2014

SAIDI NASIRUN , NIM. 12485187 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MUFRODAT MELALUI METODE CARD SORT PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV SEMESTER II DI MI NURUL HIDAYAH TRENTEN CANDIMULYO MAGELANG TAHUN 2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MUFRODAT MELALUI METODE CARD SORT PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV SEMESTER II DI MI NURUL HIDAYAH TRENTEN CANDIMULYO MAGELANG TAHUN 2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MUFRODAT MELALUI METODE CARD SORT PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV SEMESTER II DI MI NURUL HIDAYAH TRENTEN CANDIMULYO MAGELANG TAHUN 2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)

Abstract

Saidi Nasirun. Meningkatkan Pemahaman Mufrodat Dengan Metode Card Sort (Pemilihan Kartu) Pada Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah Trenten Candimulyo Magelang. Skripsi. Yogyakarta : Prodi Pendidikan Guru Madrasah lbtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan pembelajaran Mufrodat dengan media Card Sort (Pemilihan kartu) yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pelajaran Mufrodat kelas IV MI Nurul Hidayah Trenten Candimulyo Magelang. Latar belakang penelitian ini adalah berangkat dari hasil wawancara dengan guru Bahasa Arab kelas IV MI Nurul Hidayah Trenten beliau mengungkapkan bahwa masalah yang dihadapi adalah masih rendahnya prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Arab. Pembelajaran masih berorientasi kepada guru, sedangkan siswa hanya sebagai objek ajar yang terus diberi dengan segudang informasi. Hal ini disebabkan karena metode yang dipakai guru selama ini lebih banyak menggunakan metode konvensional. Oleh karena itu, pembelajaran berlangsung secara sepihak dan kurang adanya partisipatif dari siswa. Dari observasi ini ketika dilakukan post test nilai rata-rata siswa hanya 62,00. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti, dan subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV MI Nurul Hidayah Trenten Candimulyo Magelang yang berjumlah 15 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran Mufrodat dengan media card sort (Pemilihan Kartu) mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Mufrodat dengan media card sort (Pemilihan Kartu) mampu meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan dalam prestasi belajar Bahasa Arab. Pada pra tindakan rata-rata skor sebesar 62,00 dengan persentase ketuntasan 40%, pada siklus I meningkat sebesar 46,66% dengan nilai rata-rata skor 69,33 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 80% dengan nilai rata-rata skornya 82,66. Nilai rata-rata siklus I dan siklus II sebesar 75,99. Berdasarkan hasil penelitian menunj ukkan bahwa ada peningkatan disetiap siklus yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : -
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pembelajaran Mufrodat, Media Card Sort (Pemilihan Kartu), Prestasi Belajar Siswa.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Oct 2014 11:13
Last Modified: 28 Feb 2017 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14263

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum