UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA KARTU HURUF KELOMPOK A DI RA MUSLIMAT NU DONOROJO I MERTOYUDAN MAGELANG

RIZKY AGUSTINA , NIM. 12485258 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA KARTU HURUF KELOMPOK A DI RA MUSLIMAT NU DONOROJO I MERTOYUDAN MAGELANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA KARTU HURUF KELOMPOK A DI RA MUSLIMAT NU DONOROJO I MERTOYUDAN MAGELANG )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA KARTU HURUF KELOMPOK A DI RA MUSLIMAT NU DONOROJO I MERTOYUDAN MAGELANG )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (249kB)

Abstract

RIZKY AGUSTINA. Upaya meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia dini melalui media kartu huruf pada Kelompok A RA Muslimat NU Donorojo I. Skripsi. Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang yang menjadi permasalahan adalah membaca dalam proses pembelajaran memegang peranan yang sangat penting karena membaca sarana utama bagi seorang anak un tuk mengasah kemampuannya. Anak –anak yang memiliki kemampuan membaca yang baik pada umumnya memiliki kemampuan dalam mengungkapkan pemikiran, perasaan serta tindakan interaktif dengan lingkungannya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas yang bersifat kualitatif dengan mengambil latar Kelompok A RA Muslimat NU Donorojo I Kec. Mertoyudan Kab. Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, dokumentasi, interview untuk mendapatkan data yang diperlukan. Penelitian ini menggunakan data dan dilaksanakan dalam dua siklus dan dalam setiap siklusnya terdapat tahapan-tahapan kegiatan yang meliputi : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu huruf yang dilaksanakan dalam dua siklus terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelompok A RA Muslimat NU Donorojo I. Hal tersebut terlihat dari adanya peningkatan pada tiap aspek penilaian. Kemampuan membaca pada pra siklus sebesar 24,75%, meningkat pada siklus I menjadi 44,75% dan meningkat lagi pada siklus II mencapai 56.25%,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs.Misbah Ulmunir, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kartu Huruf, Kemampuan Membaca, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 22 Oct 2014 04:16
Last Modified: 28 Feb 2017 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14264

Actions (login required)

View Item View Item