UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK MATERI ASMAUL HUSNA MELALUI METODE CARD SORT PADA SISWA KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HIDAYAH TRENTEN CANDIMULYO MAGELANG TAHUN 2014

MUH TANWIR , NIM. 12485167 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK MATERI ASMAUL HUSNA MELALUI METODE CARD SORT PADA SISWA KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HIDAYAH TRENTEN CANDIMULYO MAGELANG TAHUN 2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK MATERI ASMAUL HUSNA MELALUI METODE CARD SORT PADA SISWA KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HIDAYAH TRENTEN CANDIMULYO MAGELANG TAHUN 2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK MATERI ASMAUL HUSNA MELALUI METODE CARD SORT PADA SISWA KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HIDAYAH TRENTEN CANDIMULYO MAGELANG TAHUN 2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (482kB)

Abstract

Muh Tanwir. Meningkatkan Pembelajaran Asmaul Husna Dengan Media Card Sort (Pemilihan Kartu) Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Aqidah Akhlaq Pada Siswa Kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah Trenten Candimulyo Magelang. Skripsi. Yogyakarta : Prodi Pendidikan Guru Madrasah lbtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan pembelajaran Asmaul Husna dengan media Card Sort (Pemilihan kartu) yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pelajaran Asmaul Husna kelas II MI Nurul Hidayah Trenten Candimulyo Magelang Latar belakang penelitian ini adalah berangkat dari hasil wawancara dengan guru Aqidah Akhlak kelas II MI Nurul Hidayah Trenten Candimulyo Magelang dimana beliau mengungkapkan bahwa masalah yang dihadapi adalah masih rendahnya prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Aqidah Akhlak. Selain itu juga lemahnya proses pembelajaran yang berkembang dewasa ini. Pembelajaran masih berorientasi kepada guru, sedangkan siswa hanya sebagai objek ajar yang terus diberi dengan segudang informasi. Hal ini disebabkan karena metode yang dipakai guru selama ini lebih banyak menggunakan metode konvensional. Oleh karena itu, pembelajaran berlangsung secara sepihak dan kurang adanya partisipatif dari siswa. Dari observasi ini ketika dilakukan post test nilai rata-rata siswa hanya 63,33. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti, dan subyek penelitiannya adalah siswa kelas II MI Nurul Hidayah Trenten Candimulyo Magelang yang berjumlah 15 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran Asmaul Husna dengan media card sort (Pemilihan Kartu) mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Asmaul Husna dengan media card sort (Pemilihan Kartu) mampu meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan dalam prestasi belajar Aqidah Akhlak. Pada pra tindakan rata-rata skor sebesar 63,33 dengan persentase ketuntasan 40%, pada siklus I meningkat sebesar 46,66% dengan nilai rata-rata skor 68 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 80% dengan nilai rata-rata skornya 81,66. Nilai rata-rata siklus I dan siklus II sebesar 74,83. Berdasarkan hasil penelitian menunj ukkan bahwa ada peningkatan disetiap siklus yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pembelajaran Asmaul Husna, Media Card Sort (Pemilihan Kartu), Prestasi Belajar Siswa.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 22 Oct 2014 04:21
Last Modified: 24 Feb 2017 09:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14265

Actions (login required)

View Item View Item