UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN BENDA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF KENALAN BOROBUDUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014

KUSRINI , NIM. 12485155 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN BENDA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF KENALAN BOROBUDUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN BENDA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF KENALAN BOROBUDUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN BENDA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF KENALAN BOROBUDUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (210kB)

Abstract

KUSRINI. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Materi Perubahan Benda Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas V MI Ma’arif Kenalan Borobudur Tahun Pelajaran 2013/2014 Latar belakang penelitian ini adalah siswa kelas V MI Ma’arif Kenalan Borobudur kurang memperlihatkan rasa ketertarikan terhadap materi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam karena tidak melihat secara nyata konsep-konsep yang diajarkan. Kondisi ini berakibat pada nilai Ulangan Harian siswa menunjukkan pencapaian hasil yang belum mencapai standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diharapkan. Nilai rata-rata pelajaran IPA di kelas V MI Ma’arif Kenalan Borobudur berdasarkan data yang diperoleh dari guru hanya mencapai 58, sedangkan nilai KKM yang diharapkan adalah 65. Rendahnya hasil belajar tersebut setelah ditelusuri antara lain disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain, faktor dari guru misalnya kurang bervariasi dalam penggunaan metode karena minimnya peralatan, dan terlalu sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan Metode eksperimen Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA siswa kelas V MI Ma’arif Kenalan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Ma’arif Kenalan yang berjumlah 13 siswa. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian adalah: 1) Pelaksanaan pendekatan Eksperimen dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran IPA Hal ini terbukti dapat meningkatnya prestasi belajar siswa selama siklus yang sudah dilaksanakan. 2) Pendekatan Eksperimen terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V dalam pembelajaran sifat-sifat benda. Pada siklus I terjadi peningkatan, dimana pada kondisi pra tindakan terdapat 8% siswa yang mendapat nilai 40, pada siklus 1 tidak ada siswa yang mendapat nilai 40. Pada pra siklus 50 diperoleh 23% anak, sedangkan pada siklus tidak ada siswa yang memperoleh nilai 50. Nilai 60 pada pra tindakan diperoleh 69% siswa sedangkan pada siklus 1 terdapat 23% siswa yang memperoleh nilai 60. Pada siklus 1 pencapaian nilai KKM 65, dicapai oleh sebagian besar siswa. 62% siswa mampu memperoleh nilai 70 dan 15% siswa sudah pula mampu mencapai nilai 80. Dari kondisi awal hingga siklus I terjadi peningkatan sebesar 73%. Pada siklus II terjadi peningkatan prestasi belajar IPA . Hal ini dapat diketahui dari perolehan nilai terbanyak adalah 80 yaitu 69%. Nilai 70 sebanyak 8%. Siswa yang memperoleh nilai 90 sebanyak 23%. Seluruh siswa sudah mampu melampaui nilai KKM 65, dan tuntas pada pembelajaran perubahan sifat benda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Eva Latipah, M. Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pembelajaran IPA, metode eksperimen, penelitian tindakan kelas
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 22 Oct 2014 04:26
Last Modified: 20 Feb 2017 04:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14267

Actions (login required)

View Item View Item