UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK DENGAN METODE INDEKS CARD MATCH SISWA KELAS I MI MUHAMMADIYAH JAGALAN SALAM MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

JAM’IYATUN , NIM. 12415357 (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK DENGAN METODE INDEKS CARD MATCH SISWA KELAS I MI MUHAMMADIYAH JAGALAN SALAM MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK DENGAN METODE INDEKS CARD MATCH SISWA KELAS I MI MUHAMMADIYAH JAGALAN SALAM MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK DENGAN METODE INDEKS CARD MATCH SISWA KELAS I MI MUHAMMADIYAH JAGALAN SALAM MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (222kB)

Abstract

Jam’iyatun,Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak dengan Metode Indeks Card Match Siswa Kelas I MI Muhammadiyah Jagalan Salam Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah mata pelajaran Aqidah Akhlak mempunyai nilai strategis dan penting dalam mempersiapkansumber daya manusia yang unggul,handal dan bermoral sejak dini. Hal ini menjadi hambatan selama ini dalam pembelajaran Aqidah akhlak adalah disebabkan kurang dikemasnya pembelajaran dengan methode yang kurang menarik dan tidak menyenangkan Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran metode Indeks Card Match pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Yang dilakukan di MI M uhammadiyah Jagalan salam magelang pada semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 yakni pada bulan Maret – April 2014 . Subyek penelitian yang menerima tindakan adalah seluruh siwa kelas I Madrsah dengan jumlah siswa 15. Penelitian ini dilakukan dengan cara 2 siklus masing – masing siklus terdiri dari perencanaan tindakan , observasi dan refleksi . Instrumen yang digunakan penelitian adalah penelitian lembar observasi , wawancara , catatan lapangan . Lembar kerja siswa , angket dan dokumentasi . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan pra siklus yang menggunakan metode ceramah,tenya jawab ketuntasan belajarnya yaitu baru 40 % yang sudah tuntas. Namun pada siklus I dan II dengan menggunakan strategi belajar aktif Indeks Card Match menunjukkan peningkatan secara signifikan yaitu pada siklus I mencapai 66,66% dan pada siklus II mencapai 93,33% yang sudah tuntas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Nur Rohmah, M.Ag
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 22 Oct 2014 04:30
Last Modified: 17 Feb 2017 02:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14268

Actions (login required)

View Item View Item