UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN BERSUSUN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KANTONG BILANGAN SISWA KELAS I MI YAPPI BANJARAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

EKO ANDANG DARMAWAN, NIM. 13485242 (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN BERSUSUN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KANTONG BILANGAN SISWA KELAS I MI YAPPI BANJARAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN BERSUSUN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KANTONG BILANGAN SISWA KELAS I MI YAPPI BANJARAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (917kB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN BERSUSUN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KANTONG BILANGAN SISWA KELAS I MI YAPPI BANJARAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (325kB)

Abstract

Eko Andang Darmawan, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Penjumlahan Bersusun Dengan Menggunakan Kantong Bilangan Siswa Kelas I MI YAPPI Banjaran Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Media Kantong Bilangan adalah suatu media yang digunakan dalam pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran dimana media tersebut mengharapkan siswa lebih aktif dalam pembelajaran sehingga peran siswa lebih banyak daripada guru. Media Kantong Bilangan, merupakan langkah yang cukup baik untuk mengembangkan kemampuan siswa berpikir Realistis /nyata dan mengembangkan kemampuan mereka untuk menyesuaikan dengan pengetahuan baru. Penelitian dalam skripsi ini dilakukan untuk mengkaji penerapan Media Kantong bilangan terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal matematika penjumlahan bersusun dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana ketuntasan hasil belajar siswa kelas I MI YAPPI Banjaran dengan Media kantong Bilangan, bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran di kelas I MI YAPPI Banjaran dengan menggunakan media kantong bilangan, dan bagaimana kemampuan siswa dalam pembelajaran di kelas I MI YAPPI Banjaran dengan Media Kantong bilangan. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Dan pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Kemudian data dianalisa menggunakan statistik sederhana, yaitu: penilaian tugas dan tes serta penilaian ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa penerapan Media kantong bilangan di kelas I MI YAPPI Banjaran dalam proses pelaksanaannya dapat berjalan efektif dan efisien atau tergolong baik. Peningkatan kemampuan siswa di kelas I MI YAPPI Banjaran setelah menggunakan media Kantong Bilangan mengalami peningkatan dan mencapai hasil prestasi yang cukup memuaskan, hal ini berdasarkan pada hasil persentase dari siklus I dengan hasil persentase 60% % meningkat menjadi 90% pada siklus II, sedangkan kemampuan guru dalam mengelola kelas juga terjadi peningkatan dari siklus I yaitu 68,3 % meningkat di siklus II 78,3%. Meningkatnya kemampuan siswa dan kemampuan guru dalam mengelola kelas dalam pembelajaran juga mempunyai dampak yang positif terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal Penjumlahan bersusun yaitu dengan hasil persentase perolehan nilai siwa dari 66,66% pada siklus I dan meningkat menjadi 88,88% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs.H.Sarjono,M.Si
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 22 Oct 2014 04:45
Last Modified: 14 Feb 2017 03:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14269

Actions (login required)

View Item View Item