UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF AL QURAN MELALUI METODE IQRO’ DI KELAS 1 SD NEGERI 2 GINTUNGAN, GEBANG, PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013 / 2014

AMAT MUSTANGI , NIM. 12415314 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF AL QURAN MELALUI METODE IQRO’ DI KELAS 1 SD NEGERI 2 GINTUNGAN, GEBANG, PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013 / 2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF AL QURAN MELALUI METODE IQRO’ DI KELAS 1 SD NEGERI 2 GINTUNGAN, GEBANG, PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013 / 2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (562kB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF AL QURAN MELALUI METODE IQRO’ DI KELAS 1 SD NEGERI 2 GINTUNGAN, GEBANG, PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013 / 2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (179kB)

Abstract

AMAT MUSTANGI, Penerapan mengenal huruf dengan metode iqro’ membaca al-qur’an pada siswa kelas I di SD Negeri 2 gintungan purworejo,skripsi.jurusan pendidikan agama islam fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan universitas islam negeri sunan kalijaga yogyakarta, 2014 Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa pada kenyataannya praktek praktek mengajar yang dilakukan di SD Negeri 2 Gintungan Purworejo Pada umumnya masih berpusat pada guru agama kususnya guru TPQ yang diterapkan masih mempraktikan cara cara lama (tradisional ) dalam mengenalkan huruf hijaizah tanpa harokat cara seperti itu diakui atau tidak membuat siswa tampak bosan ,jenuh ,dan kurang bersemangat dalam belajar membaca qur’an Jika secara psikologi siswa kurang tertarik dengan metode yang digunakan oleh guru ,maka dengan sendirinya siswa akan memberikan umpan balik kurang mendukung dalam proses belajar mengajarin dikasinya adalah timbul rasa tidak simpatinya peserta didik terhadap guru agama islam , tidak tertarik dengan materi materi agama islam dan lama kelamaan akan timbul sikap acuh tak acuh terhadap guru agamnya sendiri ,kalau kondisinya sudah seperti itu, sangat sulit mengharapkan siswa sadar dan mau mengamalkan ajaran ajaran agama islam kususnya dalam membaca Al-qur’an. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar SD Negeri 2 Gintungan Kab.purworejo,mengumpulkan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi untuk melengkapi data yang ingin diungkap.untuk memeriksa keabstrakan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber.adapun urutan kegiatan penelitian meliputi: perencanaan , observasi , danrefleksi Hasil penelitian menunjukan pembelajaran menggunakan metode iqro’ efekti digunakan mengenal huruf pada membaca Al qur’an khususnya di kelas I SD Negeri 2 Gintungan , hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan aktivitas dan hasi l belajar siswa terlihat pada rasa senang, aktifitas , rasa ingin tau dan skor hasil tes .adapun peningkatan tes hasil belajar dari tahap prasiklus pada siklus 1 menjadi 72.66 dan pada siklus II meningkat menjadi 75.42 .jadi pada aspek keaktifan dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan setiap siklus - Membaca huruf , TPQ, Membaca Al qur’an , Iqro’

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Ichsan, M.Pd.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 22 Oct 2014 11:52
Last Modified: 02 Aug 2017 13:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14270

Actions (login required)

View Item View Item