MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH SALAFIYAH KEBONWAGE NGEPANREJO BANDONGAN MAGELANG DENGAN METODE RESITASI TAHUN PELAJARAN 2013/2014

AFIFODIN , NIM. 12415352 (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH SALAFIYAH KEBONWAGE NGEPANREJO BANDONGAN MAGELANG DENGAN METODE RESITASI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH SALAFIYAH KEBONWAGE NGEPANREJO BANDONGAN MAGELANG DENGAN METODE RESITASI TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH SALAFIYAH KEBONWAGE NGEPANREJO BANDONGAN MAGELANG DENGAN METODE RESITASI TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB II, III .pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (193kB)

Abstract

Afifodin, “ Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Kebonwage Ngepanrejo Bandongan Magelang dengan Metode Resitasi Tahun Pelajaran 2014/2014”.Skripsi.Yogyakarta Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam penerapan metode resitasi dan sejauh mana model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar khususnya mata pelajaran SKI pada siswa kelas V MIM Salafiyah Kebonwage Ngepanrejo Bandongan Magelang Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah Tindakan Kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V MIM Salafiyah Ngepanrejo Bandongan Magelang tahun ajaran 2013/2014. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan observasi, wawancara,tes tertulis individual pada akhir mata pelajaran dan melihat dokumentasi nilai mata pelajaran SKI sebelum penggunaan metode resitasi. Data yang diperoleh dari dokumentasi nilai mata pelajaran SKI sebelum penerapan metode resitasi, dan nilai rata-rata tes tertulis akhir pembelajaran tiap-tiap siklus dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif.Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan,(2) pelaksanaan,(3) observasi,(4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan metode resitasi efektif digunakan pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam khusus siswa kelas V di MIM Salafiyah Kebonwage Ngepanrejo Bandongan Magelang. Setelah dilaksanakan tindakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang cukup signifikan. Peningkatan hasil dapat kita lihat dan kita bandingkan pada hasil observasi pra tindakan menunjukkan nilai rata-rata kelas sangat rendah yaitu,52,4,dan hasil dari persentase KKM 25,9%. Pada siklus I hasil mengalami kenaikan nilai rata-rata kelas yaitu 68,3 dan hasil dari presentase KKM 66,6%. Pada siklus II mengalami kenaikan secara signifikan nilai rata-rata kelas yaitu 85,5 dan hasil dari peresentase KKM 100%. Dengan demikian secara keseluruhan mengalami peningkatan sebesar 100%. Peneliti menyimpulkan penerapan metode resitasi pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIM Salafiyah Kebonwage kelas V dapat meningkatkan hasil belajar dan, sesuai Standar Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Nur Rohmah,M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam, Metode Resitasi
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 22 Oct 2014 04:53
Last Modified: 31 Jan 2017 07:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14271

Actions (login required)

View Item View Item