KONSEP MULTIPLE INTELLIGENCES DAN IMPLEMESINTSINYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA JENJANG SEKOLAH DASAR (STUDI PEMIKIRAN HOWARD GARDNER)

EGI SAFRINA, NIM. 10416016 (2014) KONSEP MULTIPLE INTELLIGENCES DAN IMPLEMESINTSINYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA JENJANG SEKOLAH DASAR (STUDI PEMIKIRAN HOWARD GARDNER). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSEP MULTIPLE INTELLIGENCES DAN IMPLEMESINTSINYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA JENJANG SEKOLAH DASAR (STUDI PEMIKIRAN HOWARD GARDNER))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONSEP MULTIPLE INTELLIGENCES DAN IMPLEMESINTSINYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA JENJANG SEKOLAH DASAR (STUDI PEMIKIRAN HOWARD GARDNER))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (916kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)

Abstract

EGI SAFRINA. Konsep Multiple Intelligences dan Implementasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Jenjang Sekolah Dasar (Studi Pemikiran Howard Gardner). Skripsi.Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah keprihatinan terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dinilai belum memaksimalkan potensi yang dimiliki peserta didik, banyak sekali permasalahan yang muncul di dunia pendidikan salah satunya di sebabkan pada proses pembelajaran yang kurang memaksimalkan inteligensi yang dimiliki setiap peserta didik, Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dengan jelas: (1) Konsep Multiple Intelligences menurut Howard Gardner, (2) Implementasi Konsep Multiple Intelligences dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Jenjang Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dengan mengambil latar pemikiran Howard Gardner tentang Multiple Intelligences, penggumpulan data menggunakan metode dokementasi, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologi, Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis secara deskiptif analisis yaitu dengan mencari dan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpukan, kemudian dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1). Howard Gardner menyatakan bahwa inteligensi tidak lagi ditafsirkan secara tunggal dalam batasan intelektual saja. Ia menawarkan penglihatan dan cara pandang alternatif terhadap inteligensi manusia, yang kemudian dikenal dengan istilah Multiple Intelligences adalah kemampuan untuk memecahkan persoalan dan menghasilkan produk dalam suatu setting yang bermacam-macam dan dalam situasi yang nyata, kemudian Gardner merumuskan dalam penelitianya bahwa inteligensi manusia ada sembilan inteligensi, diantaranya yaitu: inteligensi logis-matematik, inteligensi linguistik, inteligensi spasial, inteligensi kinestetik, inteligensi musikal, inteligensi interpersonal, inteligensi intrapersonal, inteligensi natural, inteligensi eksistensial. (2). Konsep Multiple Intelligences relevan untuk diimplementasikan dan dijadikan acuan serta landasan bagi pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada jenjang Sekolah Dasar. Karena dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, pengembangan inteligensi tidak hanya dititikberatkan pada akal (aspek kognitif) saja, akan tetapi juga pada akhlak (aspek afektif) dan amal (aspek psikomotorik). Selain itu pembelajaran dengan pendekatan Multiple Intelligences dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki peserta didik, serta mengembangkan kretitifitas guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan metode-metode yang digunakan dalam pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Rofik, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Oct 2014 08:51
Last Modified: 23 Oct 2014 08:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14272

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum