PENGARUH PERKEMBANGAN HOME INDUSTRY TENUN TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENGGUNAKAN PRODUK LOKAL (STUDI DI DESA BATUJAI LOMBOK TENGAH NUSA TENGGARA BARAT)

ASMAUL HUSNA, NIM. 12720017 (2016) PENGARUH PERKEMBANGAN HOME INDUSTRY TENUN TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENGGUNAKAN PRODUK LOKAL (STUDI DI DESA BATUJAI LOMBOK TENGAH NUSA TENGGARA BARAT). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERKEMBANGAN HOME INDUSTRY TENUN TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENGGUNAKAN PRODUK LOKAL (STUDI DI DESA BATUJAI LOMBOK TENGAH NUSA TENGGARA BARAT))
12720017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERKEMBANGAN HOME INDUSTRY TENUN TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENGGUNAKAN PRODUK LOKAL (STUDI DI DESA BATUJAI LOMBOK TENGAH NUSA TENGGARA BARAT))
12720017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (861kB)

Abstract

Home industry tenun merupakan suatu unit usaha atau perusahaan dalam skala kecil yang menghasilkan produk (tenun). Tenun merupakan salah satu dari beberapa jenis produk tekstil yang mendapat respon positif di lingkungan masyarakat. Home industry tenun yang berdiri di suatu daerah akan mendorong minat masyarakat untuk menggunakan produk yang dihasilkan home industry tenun. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis yang diajukan oleh peneliti yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara perkembangan home industry tenun terhadap minat masyarakat menggunakan produk lokal dengan menggunakan teori pertukaran sosial Peter Blau. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan uji statistik product moment person dan analisis regresi linier dengan menggunakan taraf signifikan 1%. Menggunakan kuesioner sebagai alat untuk memperoleh data dan menggunakan jenis penelitian survey. Temuan penelitian adalah ada pengaruh yang signifikan antara perkembangan home industry tenun dengan minat masyarakat menggunakan produk lokal sebesar 0,355 atau 35,5% untuk satu variabel yaitu home industry tenun dan diperoleh persamaan regresi linier sederhana Y=15,860 + 0,426 X, yang artinya apabila X (Perkembangan home industry tenun) mengalami kenaikan maka Y (minat masyarakat menggunakan produk lokal) juga akan mengalami kenaikan. Sebaliknya apabila X (Perkembangan home industry tenun) mengalami penurunan maka Y (minat masyarakat menggunakan produk lokal juga akan turun).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Napsiah, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Home industry, Tenun, Minat Masyarakat, Produk Lokal.
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 09 May 2016 07:12
Last Modified: 09 May 2016 07:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14283

Actions (login required)

View Item View Item