Kurikulum Berbasis Kompetensi Tahun 2004 Bidang Studi PAI (Implementasi dan Problematikanya di Madrasah Aliyah Darul Ulum, Waru, Sidoarjo)

Ali Mudlofir, NIM. 953039/S3 (2008) Kurikulum Berbasis Kompetensi Tahun 2004 Bidang Studi PAI (Implementasi dan Problematikanya di Madrasah Aliyah Darul Ulum, Waru, Sidoarjo). ["eprint_fieldopt_thesis_type_phd" not defined] thesis, Pasca Sarjana.

[img]
Preview
Text (Kurikulum Berbasis Kompetensi Tahun 2004 Bidang Studi PAI (Implementasi dan Problematikanya di Madrasah Aliyah Darul Ulum, Waru, Sidoarjo))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (Kurikulum Berbasis Kompetensi Tahun 2004 Bidang Studi PAI (Implementasi dan Problematikanya di Madrasah Aliyah Darul Ulum, Waru, Sidoarjo))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul "Kurikulum Berbasis Kompetensi Tahun 2004 Bidang Studi PAI: Implementasi dan Problematikanya di Madrasah Aliyah Darul Ulum Waru Sidoarjo". Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah bahwa pemberlakuan KBK tahun 2004 di Indonesia yang bertujuan meningkatkan kualitas lulusan pendidikan siap pakai dan memiliki kecakapan kognitif, psikomotorik dan afektif menurut banyak pengamat masih menghadapi banyak kendala baik yang menyangkut pemahaman maupun teknik aplikasinya. Khusus untuk bidang studi PAI tulisan dan hasil penelitian tentang KBK masih belum banyak dilakukan. Sejalan dengan itu pemerintah saat ini telah memberlakukan kurikulum KTSP 2006 yang esensinya adalah penyempurnaan KBK 2004. Dengan demikian urgensi penelitian ini adalah berangkat dari pengalaman masa lalu (penerapan KBK 2004) untuk meningkatkan kualitas penerapan KTSP 2006. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif karena penulis berusaha menggambarkan fenomena secara alamiah, holistik dan bermakna. Prosedur penelitian dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu deskripsi data, reduksi data dan seleksi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam dan dokurnentasi. Untuk menguji kredibilitas data dilakukan triangulasi baik teknik maupun sumber. Analisis data dilakukan sejak di lapangan dengan teknik: reduksi data, display dan verifikasi. Sementara analisis setelah dari lapangan dengan teknik komparatif dan reflektif. Untuk menguji kredibilitas hasil pcnelitian dilakukanlah member check, triangulasi dan diskusi teman sejawat (peer debriefing) Hasil penelitian adalah: (1) implementasi kurikulum PAl tahun 2004 berjalan dengan baik pada variabel: perwujudan iklim agamis di madrasah, penyusunan perangkat pembelajaran PAI, penerapan strategi dan metode pembelajaran siswa aktif, pendayagunaan lingkungan dan masyarakat. Implementasi masih buruk pada penerapan teknik penilaian PAI dan pelaksanaan supervisi PAI. (2) Problem utama dalam penerapan KBK bidang studi PAI adalah, pertama, problem kinerja guru yaitu masih belurn maksimalnya pantauan guru terhadap perkembangan kompetensi PAI siswa karena besamya jumlah siswa dalam tiap kelas. Kedua, problem kinerja supervisor (PPAI) yang belurn tampak perannya dalam pembinaan profesionalisme guru PAI. Ketiga, problem banyaknya ujian di madrasah yang sasarannya cenderung kognitifistik. Keempat, problem sarana yaitu belum berimbangnya antara jumlah siswa dengan sarana dan fasilitas belajar yang tersedia. Temuan penting dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan kompetensi bidang studi PAI di kalangan siswa Madrasah Aliyah digunakan tiga model pengembangan, yaitu: (1) Model Keterpaduan Sistem (MKS) PAI untuk pengembangan kompetensi keagamaan siswa. Keterpaduan sistem dapat ditinjau dari dua sudut pandang, yang pertama keterpaduan dari sisi tripusat pendidikan yaitu madrasah, keluarga dan masyarakat, sedangkan sudut pandang kedua dari sisi keterpaduan sistem penyelenggaraan pendidikan di madrasah itu sendiri. Pada dua sudut pandang tersebut, keterpaduan sistem PAI meliputi keterpaduan dalam perencanaan PAI, keterpaduan dalam pelaksanaan PAI, dan keterpaduan dalam pemantauan pengamalan PAI. Model pertama ini sasaran utamanya adalah sikap mental dan akhlak siswa (aspek afektif). (2) Model Pengembangan Kompetensi Kognitif (MPKK) PAl yang berupa pemahaman teori dan konsep PAI melalui tahapan pemikiran berikut: Orientasi - Pelacakan – Konfrontasi - Inkuiri - Akomodasi - Transfer/internalisasi. (3) Model Pengembangan Kompetensi Psikomotorik (MPKP) PAI. Kompetensi psikomotorik berupa kecakapan siswa untuk melakukan sesuatu sebagai bentuk penerapan dan pengamalan PAI. Kompetensi ini dikembangkan dengan strategi modeling dan learning guide dengan metode drill, metode demonstrasi dan metode pembiasaan.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_phd" not defined])
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pendidikan, Kurikulum Pendidikan Agama Islam
Subjects: Ilmu Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Study Islam
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 28 Oct 2014 09:15
Last Modified: 06 Apr 2015 14:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14296

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum