KOMUNIKASI POLITIK ABURIZAL BAKRIE (TELAAH KRITIS KOMUNIKASI POLITIK ABURIZAL BAKRIE DAN VISI KE-INDONESIAAN)

ABDULLAH, NIM. 09210065 (2014) KOMUNIKASI POLITIK ABURIZAL BAKRIE (TELAAH KRITIS KOMUNIKASI POLITIK ABURIZAL BAKRIE DAN VISI KE-INDONESIAAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( KOMUNIKASI POLITIK ABURIZAL BAKRIE (TELAAH KRITIS KOMUNIKASI POLITIK ABURIZAL BAKRIE DAN VISI KE-INDONESIAAN) )
09210065_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka(1).pdf

Download (388kB) | Preview
[img] Text (KOMUNIKASI POLITIK ABURIZAL BAKRIE (TELAAH KRITIS KOMUNIKASI POLITIK ABURIZAL BAKRIE DAN VISI KE-INDONESIAAN))
09210065_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (388kB)

Abstract

Komunikasi politik dalam era reformasi-demokrasi banyak menggunakan media massa karena media massa adalah suatu kebutuhan pokok yang kini tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Pada era informasi saat ini konsumsi berita atau pengetahuan melalui media massa menjadi sangat relevan. Media massa sebagai pilar ke empat demokrasi sebenarnya memiliki kewajiban untuk tetap menjaga kepentingan rakyat dalam interaksinya dengan pemerintah. Dari diskripsi tersebut komunikasi politik dalam letarasi media di negara demokrasi menjelang pemilu 2014 ini menarik banyak perhatian orang. Oleh karena itu, menjadi sangat menarik penulis mengkaji penelitian lebih lanjut figur seorang Aburizal Bakre (ARB) sebagai salah satu pemilik stetion tv swasta (tv one dan antv). ARB yang juga sebagai ketua umum DPP Golkar telah lebih dulu “mengiklankan” dan membagun “pencitraan” politik sebagai calon presiden RI 2014. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam segi kepemimpinan Aburizal Bakrie, ia pun menegaskan bahwa dalam memimpin itu harus berani mengambil resiko. Berani berbeda dengan kebiasaan orang banyak. Para pemimpin atau para politisi lebih menekankan komunikasi politiknya melalui saluran media massa, baik media elektronik maupun cetak untuk melaksanakan kampanyenya. Komunikasi dalam membangun partai harus diimbangi dengan kontrol politik, yang mana kegiatan untuk menunjukan kesalahan, kelemahan dan penyimpangan dalam isi suatu kebijakan atau dalam pelaksanaan kebijakan yang dibuat dan dilaksanakan oleh pemerintah. Salah satu fungsi yang dilakukan oleh partai politik yaitu komunikasi politik sebagai sarana untuk menyampaikan informasi atau pesan politik dari komunikator kepada komunikan. Agama Islam sebagai agama rahmatan lil alamin yang selalu didengungkan bahwa mempunyai nilai yang seyogyanya diterapkan secara moderat. Islam menegaskan prinsip persamaan seluruh manusia. Atas prinsip persamaan itu, maka setiap orang mempunyai hak dan kewajiban yang sama. Islam tidak memberi hak-hak istimewa bagi seseorang atau golongan lainnya, baik dalam bidang kerohanian, maupun dalam bidang politik, sosial, ekonomi dan kebudayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Hamdan Daulay
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Komunikasi Politik, Visi Keindonesiaan dan Aburizal Bakrie
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom -------For More Information -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 31 Oct 2014 02:22
Last Modified: 16 Oct 2015 10:27
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/14347

Actions (login required)

View Item View Item