PERANAN GURU AGAMA DALAM MENDIDIK AKHLAK SISWA KELAS VI DI SEKOLAH MULNITHI AZIZSTAN PATANI THAILAND SELATAN

MISS A-AESOH MATAHE - NIM. 03410023, (2008) PERANAN GURU AGAMA DALAM MENDIDIK AKHLAK SISWA KELAS VI DI SEKOLAH MULNITHI AZIZSTAN PATANI THAILAND SELATAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (PERANAN GURU AGAMA DALAM MENDIDIK AKHLAK SISWA KELAS VI DI SEKOLAH MULNITHI AZIZSTAN PATANI THAILAND SELATAN)
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1693Kb)
[img] Text (PERANAN GURU AGAMA DALAM MENDIDIK AKHLAK SISWA KELAS VI DI SEKOLAH MULNITHI AZIZSTAN PATANI THAILAND SELATAN)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (596Kb)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan kegiatan yang dilakukan oleh para guru, dalam mendidik/membina kehidupan para siswa dalam keluarga, pergaulan kelompok teman sebaya, dalam masyarakat, dan di sekolah, tentang akhlak siswa baik dengan cara sendiri-sendiri dan bersama-sama. Selain itu penelitian ini ingin mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat bagi para guru dalam proses, pembentukan akhlak siswa, baik secara metode, materi, dalam penerapan oleh guru, agar menjadi modal utama dalam membentuk akhlak siswa di sekolah Mulnithi Azizstan Thailand Selatan. Subjek penelitian ini adalah para guru dan siswa di sekolah Mulnithi Azizstan, dengan menggunakan pendekatan dokumentasi, bagi para guru sebanyak 198 orang, bagi guru laki-laki 119 dan perempuan 79 orang. Bagi siswa dengan menggunakan pendekatan sampel 410 orang, yang ditentukan dengan Area Sampling, demikian pula guru sebagai sumber informasi, diambil sampelnya denga teknik sampling. Data, baik dari subjek penelitian melalui dan sumber informasi, dihimpun melalui wawancara terstruktur menggunakan panduan wawancara dan di analisis dengan menggunakan teknik analisis prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran Guru Agama dalam Mendidik Akhlak Siswa kelas VI di Sekolah Mulnithi Azizstan Thailand Selatan, peranan guru agama dalam mendidik akhlak siswa termasuk kategeri cukup baik dalam memotivasi siswa. (2) Faktor pendukung, di antara anggota pengurus sekolah cukup semangat dalam rangka menghidupkan sekolah dan menegakkan pendidikan Islam agar dapat menyamankan dengan pendidikan Nasional, serta mencari ridho Allah SWT. Dalam hal itu ada juga beberapa sumber yang menjadi hambatan antara lain kurangnya tenaga pengajar dalam bidang ilmu agama, buku-buku menjadi pedoman atau buku pegangan kurang lengkap dan tidak tersedia di perpustakaan sekolah, dan sarana yang menunjang dalam membina fasilitas di sekolah itu kurang lengkap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muqowim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Guru agama, Akhlak siswa, Thailand
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2012 09:10
Last Modified: 20 Jun 2012 09:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1436

Actions (login required)

View Item View Item