PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) FISIKA BERBASIS DISCOVERY MATERI POKOK HUKUM NEWTON UNTUK SISWA SMA KELAS X

ANIS TSALATSATUL FATHONAH , NIM. 07690027 (2014) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) FISIKA BERBASIS DISCOVERY MATERI POKOK HUKUM NEWTON UNTUK SISWA SMA KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) FISIKA BERBASIS DISCOVERY MATERI POKOK HUKUM NEWTON UNTUK SISWA SMA KELAS X)
07690027_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) FISIKA BERBASIS DISCOVERY MATERI POKOK HUKUM NEWTON UNTUK SISWA SMA KELAS X)
07690027_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan LKS fisika berbasis discovery materi hukum newton untuk siswa SMA kelas X; 2) Mengetahui kualitas LKS fisika berbasis discovery materi hukum newton untuk siswa SMA kelas X; 3) Mengetahui respon siswa terhadap LKS fisika berbasis discovery materi pokok hukum newton untuk siswa SMA kelas X. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan yang digunakan adalah 4-D dengan dibatasi sampai tahap develop (pengembangan). Instrumen yang digunakan adalah instrumen penilaian dan instrumen respon siswa berupa lembar check list dan lembar saran. LKS dinilai kualitasnya oleh 3 ahli materi, 2 ahli media, dan 3 guru SMA. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Bulu yang terdiri dari 10 siswa uji coba terbatas dan 40 siswa uji coba luas. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah 1) telah berhasil dikembangkan produk berupa LKS fisika berbasis discovery materi pokok hukum newton untuk siswa SMA kelas X; 2) kualitas LKS fisika berbasis discovery materi pokok hukum newton untuk siswa SMA kelas X adalah sangat baik (SB) berdasarkan penilaian seorang ahli materi dengan skor rata-rata 3,66 dan persentase 90,83% dari skor ideal, baik (B) berdasarkan penilaian seorang ahli media dengan dengan skor rata-rata 2,95 dan persentase 78,81% dari skor ideal, dan sangat baik (SB) berdasarkan penilaian 3 guru fisika SMA dengan skor rata-rata 3,34 dan persentase 79,72%; dan 3) Respon siswa pada uji coba terbatas dan uji coba luas mendapatkan respon Setuju (S) dengan skor rata-rata 3,09 dan 3,12 dengan persentase 75,90% dan 78,17%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Murtono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: lembar kerja siswa, discovery, hukum newton
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 31 Oct 2014 03:09
Last Modified: 10 Feb 2016 08:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14360

Actions (login required)

View Item View Item