PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP NILAI KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF KIMIA SISWA KELAS X SMAN 1 BAMBANGLIPURO BANTUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014

GITA RAHMAWATI , NIM. 10670018 (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP NILAI KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF KIMIA SISWA KELAS X SMAN 1 BAMBANGLIPURO BANTUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP NILAI KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF KIMIA SISWA KELAS X SMAN 1 BAMBANGLIPURO BANTUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP NILAI KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF KIMIA SISWA KELAS X SMAN 1 BAMBANGLIPURO BANTUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (309kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap nilai kerjasama siswa. 2) pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar kognitif kimia. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Pre-test dan Post-test Group Design. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Bambanglipuro Bantul kelas X Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014 pada Materi Pokok Hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 5 kelas. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas X4 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas X3 (sebagai kelas kontrol). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data pada penelitian ini dengan cara ujian yakni pre-test dan post-test, pengisian skala kerjasama, dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan 1) tidak ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap nilai kerjasama siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai sig.(2-tailed) dari uji t > 0,05 yaitu sebesar 0,282. 2) tidak ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar kognitif kimia. Hal ini dibuktikan dengan hasil sig.(2-tailed) dari Uji Mann Whitney > 0,05 yaitu sebesar 0,953.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Jamil Suprihatiningrum, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe make a match, kerjasama, dan hasil belajar kognitif kimia
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 31 Oct 2014 03:32
Last Modified: 15 Feb 2016 01:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14364

Actions (login required)

View Item View Item