UPAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD ISLAMIYAH WARUNGBOTO YOGYAKARTA

MOH SOLEH - NIM. 03410196, (2008) UPAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD ISLAMIYAH WARUNGBOTO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD ISLAMIYAH WARUNGBOTO YOGYAKARTA)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD ISLAMIYAH WARUNGBOTO YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang bagaimana upaya sekolah dalam meningkatkan kualitas PAI di SD Islamiyah. Hasil penelitian ini diharapkan bisa memberikan pengetahuan tentang bagaimana menghadapi permasalah sekolah dan upaya peningkatannya baik itu meliputi kualitas input, proses dan output pendidikan, bahkan bagaimana cara dalam menghadapi keterbatasan sumber daya yang tersedia, tetapi sekolah tetap berupaya meningkatkan kualitas pendidikannya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang berjenis kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptis analitis Pengumpulan datanya dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan dan ditarik kesimpulan Hasil penelitian menyatakan bahwa dalam upaya peningkatan kualitas PAI sangat diperlukan sebuah pengelolaan pendidikan yang profesional, sehingga mampu mengelola pendidikan sesuai dengan visi, misi dan tujuan yang ingin dicapai, upaya sekolah dalam peningkatan kualitas PAI di SD Islamiyah ini merupakan sebuah proses awal yang dilakukan setelah mengalami berbagai permasalahan yang menuntut para pengelola berusaha untuk mempertahankan agar SD Islamiyah tetap hidup dan bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat di bidang pendidikan. Salah satu upayanya adalah dengan meningkatan kualitas PAI, yaitu melalui program inensifikasi pembelajaran PAI, dengan menambahkan materi pelajaran yaitu : Fiqih Ibadah, Al Qur'an Hadits, TPA dan Bahasa Arab. Selain itu ditambahkan program ekstensifikasi keagamaan yang bersifat intrakurikuler dan ekstrakurikuler keagamaan, yang meliputi : (a) pembelajaran Baca Tulis Al Qur'an (TPA), (b) pembinaan bagi kelas III sampai VI untuk membiasakan shalat Dhuhur berjamaah, (c) pembinaan secara umum mulai kelas I sampai VI untuk membiasakan shalat sunnah Dhuha, (d) pelaksanakannya MABIT khusus bagi kelas V dan VI. Dalam upaya meningkatkan kualitas PAI, pihak sekolah juga melakukan peningkatan terhadap kualitas SDM tenaga pendidik, sumber daya keuangan, melengkapi sarana prasarana pendidikan dan semakin mempererat hubungan dengan masyarakat (orang tua) siswa sekaligus sebagai partisipasi masyarakat untuk mendukung terselenggaranya program sekolah. Hasil proses pembelajaran PAI di SD Islamiyah ini dapat dilihat dalam bentuk pencapaian prestasi yang telah diraih oleh peserta didik baik bersifat akademik maupun non akademik. Namun demikian ada beberapa fakor yang menghambat terselenggaranya upaya peningkatan kualitas PAI diantaranya : (a) minimnya sumber daya pendanaan yang dimiliki SD Islamiyah, (b) perpustakaan sekolah kurang representatif, (c) kurangnya dukungan orang tua dalam membimbing dan memotivasi siswa di rumah, dan (d) maraknya acara televisi yang membuat siswa enggan belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr.Mahmud Arif, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kualitas, PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 20 Jun 2012 10:35
Last Modified: 04 Aug 2017 04:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1438

Actions (login required)

View Item View Item