MODAL SOSIAL SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN MADRASAH STUDI PENGEMBANGAN MADRASAH PADA MAN I SURAKARTA)

RAHMAT RAIS, NIM. 023351 (2007) MODAL SOSIAL SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN MADRASAH STUDI PENGEMBANGAN MADRASAH PADA MAN I SURAKARTA). ["eprint_fieldopt_thesis_type_phd" not defined] thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODAL SOSIAL SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN MADRASAH (STUDI PENGEMBANGAN MADRASAH PADA MAN I SURAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (MODAL SOSIAL SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN MADRASAH (STUDI PENGEMBANGAN MADRASAH PADA MAN I SURAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan di hampir semua aspek kehidupan manusia.Selain manfaat bagi kehidupan manusia disatu sisi, perubahan tersebut juga telah membawa manusia ke dalam era persaingan global yang semakin ketat. Agar bisa survive menapaki era ini, prasyarat mutlak yang harus dipenuhi adalah kemampuan berkompetisi dengan bekal keunggulan kompetitif. Oleh karena itu, peningkatan sumber daya manusia merupakan keniscayaan yang harus dilakukan secara terencana, terarah, intensif, efektif dan efisien dalam proses pembangunan pendidikan. Madrasah sebagai lembaga pendidikan ysng sebagian besar statusnya adalah swasta,maka keberlangsungannya akan sangat tergantung kepada masyarakat. Dalam konteks pengembangan madrasah, upaya membangkitkan partisipasi masyarakat kepada madrasah memerlukan kemampuan, kesiapan, niat atau tekad yang kuat, serta sikap kebersamaan dari semua warga masyarakat, yang dipelopori oleh kepala madrasah dalam menumbuhkan, membangun, dan mengelola modal social guna menatap masa depan yang lebih baik. Minimal ada tiga hal yang mendasari pentingnya penelitian lembaga pendidikan khususnya madrasah dari aspek pengelolaan modal social ini: 1. Human capital dan financial capital ternyata tidak cukup untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Tidak sedikit uang yang dikeluarkan oleh Negara di pasca orde baru untuk meningkatkan pendidikan tetapi hasilnya belum menggembirakan. 2. Kemampuan Negara untuk membantu melalui financial dan human capital itu semakin terbatas. Bantuan keuangan Negara kepada institusi pendidikan semakin dikurangi, dan selanjutnya diserahkan kepada masyarakat untuk membantunya. 3. Pada saat sekarang ini potensi social capital yang berserakan di madrasah sebagian besar belum dokelola dengan baik, bahkan saat ini masih cenderung diabaikan. Permasalahannya adalah bagaimana MAN I Surakarta menumbuhkan, membangun, dan mengelola modal social tersebut tersebut dari dan kepada steak Holder madrasah. Tujuan penelitian ini adalah memperdalam pengetahuan tentang modal social sebagai strategi pengembangan madrasah, yang mencakup 1) jaringan ( network), 2)Kepercayaan (trust), 3) nilai-nilai (shared values), melalui peran pemimpin madrasah, pada MAN I Surakarta. Penelitian ini dilakukan di MAN I Surakarta sebagai MAN tertua di Indonesia, dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, dimana kepala madrasah sebagai informan kunci dan peneliti sebagai instumen kunci. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model interaktif dan interpretative fenomenologis. Proses analisis dilakukan sejak diperoleh data sampai selesainya penulisan disertasi. Modal social utama yang harus ditumbuhkan, dibangun dan dikelola sebagai strategi pengembangan madrasah adalah jaringan,kepercayaan dan nilai kebenaran sebagai implementasi dari petunjuk Al-Qur’an dan Hadis dalam kehidupan sehari-hari di dunia pendidikan melalui lembaga madrasah. Kata kunci: Pengembangan madrasah, pembangunan pendidikan

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_phd" not defined])
Additional Information: Pembimbing: 1. Prof. Dr. Suyata, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan madrasah, pembangunan pendidikan
Subjects: Ilmu Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Study Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Nov 2014 08:30
Last Modified: 07 Apr 2015 10:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14380

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum