KONSEP KETELADANAN GURU IDEAL BERDASARKAN BUKU BEGINI SEHARUSNYA MENJADI GURU (PANDUAN LENGKAP METODOLOGI PENGAJARAN CARA RASULULLAH SHALLALLÂHU ‘ALAIHI WA SALLAM) KARYA FU’AD BIN ABDUL AZIZ ASY-SYALHUB

FIKRI ARIEF HUSAEN , NIM. 09410157 (2014) KONSEP KETELADANAN GURU IDEAL BERDASARKAN BUKU BEGINI SEHARUSNYA MENJADI GURU (PANDUAN LENGKAP METODOLOGI PENGAJARAN CARA RASULULLAH SHALLALLÂHU ‘ALAIHI WA SALLAM) KARYA FU’AD BIN ABDUL AZIZ ASY-SYALHUB. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSEP KETELADANAN GURU IDEAL BERDASARKAN BUKU BEGINI SEHARUSNYA MENJADI GURU (PANDUAN LENGKAP METODOLOGI PENGAJARAN CARA RASULULLAH SHALLALLÂHU ‘ALAIHI WA SALLAM) KARYA FU’AD BIN ABDUL AZIZ ASY-SYALHUB)
09410157_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (KONSEP KETELADANAN GURU IDEAL BERDASARKAN BUKU BEGINI SEHARUSNYA MENJADI GURU (PANDUAN LENGKAP METODOLOGI PENGAJARAN CARA RASULULLAH SHALLALLÂHU ‘ALAIHI WA SALLAM) KARYA FU’AD BIN ABDUL AZIZ ASY-SYALHUB)
09410157_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)

Abstract

FIKRI ARIEF HUSAEN. Konsep Keteladanan Guru Ideal Berdasarkan Buku Begini Seharusnya Menjadi Guru (Panduan Lengkap Metodologi Pengajaran Cara Rasulullah shallallāhu ‘alaihi wa sallam) karya Fu’ad bin Abdul Aziz asy-Syalhub. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa Guru adalah ujung tombak gerakan perubahan dan dipundaknya terpikul tanggung jawab yang agung dalam membentuk generasi dan mengarahkan para anak didiknya. Seorang guru adalah peletak batu pertama dalam menjadikan sumber daya manusia ahli dan mencetak generasi baik berkualitas. Maka itu diperlukannya keteladanan yang baik dan ideal bagi guru agar terwujudnya harapan generasi yang cemerlang dan gemilang. Akan tetapi bila melihat realita yang ada saat ini masih ada sebagian dari guru yang masih jauh dari keteladanan sebagaimana mestinya. Guru mengajar sekedarnya saja, bersifat apatis, merasa beban dan terpaksa dalam mengajar, sehingga nilai-nilai keteladanan dan kemuliaan guru hampa. Tentunya hal tersebut membawa dampak negatif terhadap anak didik yang masih membutuhkan bimbingan dan keteladanan dari sosok seorang guru. Tingkah laku anak didik adalah cerminan dari apa yang diajarkan oleh guru baik sikap, prilaku, dan keteladanan yang diberikan. Oleh karena itu sudah seharusnya guru menjadikan dirinya teladan yang baik dan ideal. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana menumbuhkan mindset keteladanan guru ideal pada guru dan bagaimana Strategi penerapan keteladanan guru ideal. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan mindset keteladanan guru ideal berdasarkan buku Begini Seharusnya Menjadi Guru karya Fu’ad bin Abdul Aziz asy-Syalhub; dan mendeskripsikan strategi penerapannya. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka, yaitu kajian literatur melalui riset kepustakaan dari buku Begini Seharusnya Menjadi Guru (Panduan Lengkap Metodologi Pengajaran Cara Rasulullah shallallāhu ‘alaihi wa sallam); terjemahan dari kitab al-Mu’allim al-awwal (Qudwah Likulli Mu’allim wa Mu’allimah) karya Fu’ad bin Abdul Aziz asy-Syalhub dan data lain yang ada relevansinya terhadap pembahasan pada penelitian skripsi ini. Pendekataan atau sifat yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis-deskriptif dan metode analisis data menggunakan content analysis. Teknik pengumpulan data penulisannya melalui dokumentasi dan wawancara baik terhadap data primer maupun data sekunder, data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan yang diinginkan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) bagaimana menumbuhkan mindset keteladanan guru ideal pada guru yaitu memahami hakekat guru, meyakini metode nabi penuh keteladanan, dan menjadikan siswa cermin bagi guru. (2) bagaimana strategi penerapan keteladanan guru ideal yaitu mengetahui perannya dengan jelas, menyiapkan bahan materi pelajaran efektif, teknik dan metode pengajaran yang tepat, dan jadilah pribadi guru penuh cinta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Mahmud Arif, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Nov 2014 08:30
Last Modified: 03 Nov 2014 08:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14382

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum