UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT MELALUI PENERAPAN METODE PERMAINAN EDUKATIF DI KELAS VIII MTs HIDAYATULLOH SLEMAN YOGYAKARTA

ARIF RAHMAN FAQIHUDDIN , NIM. 08420078 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT MELALUI PENERAPAN METODE PERMAINAN EDUKATIF DI KELAS VIII MTs HIDAYATULLOH SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT MELALUI PENERAPAN METODE PERMAINAN EDUKATIF DI KELAS VIII MTs HIDAYATULLOH SLEMAN YOGYAKARTA)
PDF_1_(Awal-I-IV-Lampiran)_ARIF RAHMAN FAQIHUDDIN_NIM.08420078.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT MELALUI PENERAPAN METODE PERMAINAN EDUKATIF DI KELAS VIII MTs HIDAYATULLOH SLEMAN YOGYAKARTA)
PDF_2_(Bab II-III)_ARIF RAHMAN FAQIHUDDIN_NIM.08420078.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Arif Rahman Faqihuddin (08420078), Upaya Meingkatkan Penguasaan Kosakata Melalui Penerapan Metode Permainan-permainan Edukatif Di Kelas VIII MTs Hidayatulloh Sleman Yogyakarta. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah hasil observasi yang menunjukkan bahwa penguasaan mufrodat siswa kelas VIII MTs Hidayatulloh masih sangat rendah. Dalam proses pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII MTs Hidayatulloh masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar. Guru juga tidak menggunakan metode-metode yang dapat memudahkan siswa dalam memahami materi yang di sampaikan. Masih banyak siswa yang tidak memahami apa yang di sampaikan oleh guru. Selain itu banyak siswa yang terlihat tidak semangat, mengantuk dan bosan terhadap apa yang disampaikan oleh guru. Siswa susah mengingat kosakata yang ada di dalam teks. Sehingga penguasaan mufrodat siswa masih rendah dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan aspek kosakata peserta didik di MTs Hidayatulloh Sleman Yogyakarta, khususnya kelas VIII dengan menggunakan permainan-permainan edukatif bahasa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan mengambil data kelas VIII MTs Hidayatulloh Sleman Yogyakarta sebagai subyek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan Analisis data secara kunatitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan-permainan edukatif bahasa Arab dapat meningkatkan penguasaan aspek kosakata kelas VIII MTs Hidayatulloh Sleman Yogyakarta. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan nilai mulai dari pertemuan pertama sampai pertemuan ke empat dan masing-masing nilai itu adalah pertemuan ke-1 sebesar 85,pertemuan ke-2 sebesar 86,75 ,pertemuan ke-3 sebesar 89, pertemuan ke-4 sebesar 88,5. Terjadi peningkatan pada nilai siswa sebelum diterapkan dan sesudah diterapkan metode permainanpermainan edukatif bahasa yaitu nilai pretes sebesar 69,95, dan nilai postes sebesar 82,3. Dari hasil selisih nilai tersebut terdapat perbedaan yang signifikan sebesar 12,95. Dari hasil penelitian yang didapatkan, disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode permainan-permainan edukatif di kelas VIII MTs Hidayatulloh berhasil dilaksanakan dengan tercapainnya indikator keberhasilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : M.Jafar Shodiq, M.SI
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Penguasaan Kosakata dan Permainan Edukatif
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Nov 2014 08:42
Last Modified: 05 May 2017 08:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14388

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum