PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGGUNAKAN PENDEKATANSOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN KELAS XI SEMESTER 2

ULI NUR MILA ASTUTI , NIM. 10670022 (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGGUNAKAN PENDEKATANSOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN KELAS XI SEMESTER 2. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGGUNAKAN PENDEKATANSOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN KELAS XI SEMESTER 2 )
10670022_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text ( PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGGUNAKAN PENDEKATANSOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN KELAS XI SEMESTER 2 )
10670022_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains yang meliputi keterampilan mengamati, mengklasifikasi, mengukur, melaksanakan eksperimen, menerapkan konsep dan mengintepretasi datasehingga dapat mencapai kategori tinggi dan sangat tinggi sebanyak 13 dari 18 siswa yang mengalami masalah terhadap keterampilan proses sains dari total jumlah siswa sebanyak 32 di SMA Negeri 1 Banguntapan Kelas XI IPA 2dengan menggunakan PendekatanSomatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) dalam kegiatan pembelajarannya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Banguntapan pada tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 32. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Jenis tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan SAVI dalam kegiatan pembelajaran yang mengoptimalkan seluruh fungsi dari panca indera dan hasilnya berupa peningkatan keterampilan proses sains siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan pembelajaran berbasis pendekatan SAVI dan lembar observasi keterampilan proses sains dari siswa. Lembar observasi kegiatan pembelajaran dan keterampilan proses sains dianalisis dengan menggunakan deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu secara kualitatif yaitu siswa dapat melakukan pengamatan, pengukuran, klasifikasi, dapat menggunakan alat dengan baik dan benar, dapat menerapkan konsep yang dimiliki serta dapat melakukan intepretasi data eksperimen yang diperoleh sedangkan secara kuantitatif sekurang-kurangnya 13 dari 18 siswa yang mengalami masalah keterampilan proses sains dapat mencapai kategori tinggi dan sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan SAVI yang diterapkan dalam proses pembelajaran dapat meningkatan persentase jumlah siswa untuk masing–masing keterampilan proses pada kategori tinggi dan sangat tinggi untuk keterampilan mengamati sebanyak 17 siswa, keterampilan mengklasifikasi sebanyak 16 siswa, keterampilan mengukur, keterampilan melaksanakan eksperimendan keterampilan menerapkan konsep sebanyak 18 siswa, keterampilan mengintepretasikan data sebanyak 16 siswa. Dengan demikian, pendekatan SAVI pada pembelajaran kimia dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 1 Banguntapan. Hasil persentase dihitung berdasarkan jumlah siswa yang mengalami permasalahan terhadap keterampilan proses sains.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Asih Widi Wisudawati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pendekatan SAVI, keterampilan proses sains
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 05 Nov 2014 09:38
Last Modified: 23 Feb 2016 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14399

Actions (login required)

View Item View Item