KEBIJAKAN MTs WAHID HASYIM DALAM MENYIKAPI HETEROGENITAS SISWA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BAHASA ARAB DI MTs WAHID HASYIM YOGYAKARTA

MOHAMMAD FADHOLI - NIM. 04420906, (2008) KEBIJAKAN MTs WAHID HASYIM DALAM MENYIKAPI HETEROGENITAS SISWA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BAHASA ARAB DI MTs WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KEBIJAKAN MTs WAHID HASYIM DALAM MENYIKAPI HETEROGENITAS SISWA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BAHASA ARAB DI MTs WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KEBIJAKAN MTs WAHID HASYIM DALAM MENYIKAPI HETEROGENITAS SISWA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BAHASA ARAB DI MTs WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim merupakan madrasah yang dibawah naungan Pondok Pesantren Wahid Hasyim yang menerima siswa-siswi dari berbagai latar belakang, yakni berasal dari latar belakang SD dan MI. Dalam perbedaan heterogenitas tersebut, secara common sense siswanya sudah bisa ditebak, bahwa terdapat perbedaan prestasi bahasa Arab antara siswa yang berlatar belakang SD dan MI. Dan Mengenai hal itu juga seperti yang telah diteliti oleh saudara Ahmad Muslih Sani yaitu yang berjudul quot;prestasi belajar bahasa Arab siswa MTs Negeri Bangil Pasuruan quot; (Studi komparasi Siswa yang berlatar belakang SD dan MI). Dan penelitian yang dilakukan oleh Khoirotun Nisa' dengan judul Studi komparatif tentang prestasi belajar bahasa Arab siswi MA yang berasal dari MTs dan non MTs. Dari kedua penelitian tersebut memberikan hasil kesimpulan yang sama yaitu terdapat perbedaan prestasi yang signifikan. Melihat prolematika tersebut penulis tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai kebijakan MTs Wahid Hasyim Dalam menyikapi heterogenitas Siswa guna meningkatkan prestasi bahasa Arab, yang diharapkan sebagai solusi atau jawaban dari problematika permasalahan heterogenitas. Dalam mengungkap fakta-fakta mengenai permasalahan tersebut, penulis menggunkan metode Wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Dan untuk menganalisa data yang telah terkumpul, penulis menggunkan metode analisa deskriptif kualitatif. Dan untuk menentukan arah penelitian ini, penulis menggunakan teori proses pengambilan kebijakan dan teori pembelajaran. Dalam pengambilan keputusan kebijakan MTs Wahid Hasyim dalam menyikapi heterogenitas siswa sejalan dengan teori rasional komprehensif, karena dari fakta-fakta dapat dikemukakan bahwa sebuah keputusan dapat dikatakan rasional, jika secara tepat dapat digunakan untuk melaksanakan tujuan yang telah ditetapkan. Setelah penulis melakukan penelitian tentang kebijakan Mts Wahid hasyim dalam menyikapi masalah heterogenitas yaitu diperoleh dengan hasil bahwa MTs Wahid Hasyim mempunyai kebijakan dengan mewajibkan semua Siswanya untuk mengikuti kelas takhasus dan program tahfidzul Qur'an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Mu'tasim Radjasa, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Heterogenitas siswa, MTs Wahid Hasyim, Prestasi Bahasa Arab.
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 20 Jun 2012 09:44
Last Modified: 31 Mar 2017 07:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1440

Actions (login required)

View Item View Item