APLIKASI METODE BCCT (BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIMES) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI TK ABA NUR'AINI NGAMPILAN YOGYAKARTA)

MUFRIHATIN - NIM. 03410192, (2008) APLIKASI METODE BCCT (BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIMES) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI TK ABA NUR'AINI NGAMPILAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (APLIKASI METODE BCCT (BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIMES) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI)
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (APLIKASI METODE BCCT (BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIMES) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang penerapan metode BCCT dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di TK ABA Nur'Aini. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat menyempurnakan penerapan metode BCCT dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di TK ABA Nur'Aini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang TK ABA Nur'Aini Ngampilan Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara bebas terpimpin, observasi atau pengamatan, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data yaitu membandingkan data hasil pengamatan langsung (observasi) dengan data hasil wawancara dan isi suatu dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Aplikasi metode BCCT (Beyond Centers and Circle Times) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di TK ABA Nur'Aini Ngampilan dilaksanakan pada saat materi pagi dan disentra iman dan takwa, sementara penanaman nilai Pendidikan Agama Islam dilaksanakan setiap hari, di semua sentra dan semua kegiatan. 2) Faktor pendukung metode BCCT adalah guru yang telah mengikuti pelatihan metode BCCT dan sarana prasarana pembelajaran memadai. 3) Sedangkan faktor penghambat yang sangat krusial dalam pelaksanaan metode BCCT tidak ada, pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan metode BCCT memang masih dicari integrasi yang pas dan mengena. 4) Hasil belajar penanaman Pendidikan Agama Islam sudah menunjukkan hasil yang memuaskan, hal ini terlihat dari banyaknya indikator-indikator pembelajaran yang sudah tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode BCCT, PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 20 Jun 2012 10:54
Last Modified: 04 Aug 2017 07:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1443

Actions (login required)

View Item View Item