PSIKOLOGI SUFISTIK DAN HUMANISTIK STUDI PEMIKIRAN AL GAZALI DAN ABRAHAM MASLOW SERTA LMPLIKASINYA BAGI PENGEMBANGAN PEMIKIRAN PSIKOLOGI

DRS.H.ABDUL HADZIQ, NIM. 87095 (2004) PSIKOLOGI SUFISTIK DAN HUMANISTIK STUDI PEMIKIRAN AL GAZALI DAN ABRAHAM MASLOW SERTA LMPLIKASINYA BAGI PENGEMBANGAN PEMIKIRAN PSIKOLOGI. Doctoral thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PSIKOLOGI SUFISTIK DAN HUMANISTIK STUDI PEMIKIRAN AL GAZALI DAN ABRAHAM MASLOW SERTA LMPLIKASINYA BAGI PENGEMBANGAN PEMIKIRAN PSIKOLOGI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PSIKOLOGI SUFISTIK DAN HUMANISTIK STUDI PEMIKIRAN AL GAZALI DAN ABRAHAM MASLOW SERTA LMPLIKASINYA BAGI PENGEMBANGAN PEMIKIRAN PSIKOLOGI)
BAB II, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian komparatif tentang pemikiran psikologi sufistik al Gazali dan humanistic Maslow ani, bertujuan untuk (1) mengungkap inner potensial dalam kaitannya dengan pengembangan tingkah laku psikologis, (2) mengungkap motivasi sebagai penggerak tingkah laku psikologis, (3) mengungkap pendidikan berbasis pendekatan tingkah laku manusiawi, dan (4) mengungkap peluang implikasi bagi pengembangan pemikiran psikologi. Fokus penelitian ini berbeda dengan penelitian Bastin J. Parangimalil tentang Maslow’s Holistic Psychology and Humanistic Religion dan penelitian hanna Djumhana Bastaman tentang Dimensi Psikologi dari Pandangan al Ghazali mengenai manusia. Masalah pokoknya, bukan lagi mencari rumusan tentang hal-hal yang terkait dengan psikologi gagasan al Gazali atau Maslow, tetapi mencari titik persamaan dan perbedaan pemikiran psikologi kedua tokoh dan peluang implikasinya bagi pengembangan psikologi ke depan. Pendekatan utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah komparatif model asimetris. Penggunaan model pendekatan ini didasarkan atas pertimbangan, selain lebih sesuai dengan tujuan penelitian yang berseifat perbandingan, juga lebih sistematis analisisnya. Agar kajian pemikiran psikologi kedua tokoh yang sarat dengan nilai kemanusiaan dan agama sejalan dengan tujuan yang diharapkan, maka penelitian ini menggunakan juga pendekatan fenomenologis, dengan alasan karena pendekatan ini selain mengakui adanya kebenaran etik dan transcendental, juga menerima subyektivitas tertentu sebagai suatu kebenaran. Temuan pertama penelitian ini, bahwa inner potential memiliki korelasi yang signifikan dengan tingkah laku psikologis. Maksudnya jika suasana batin dalam kondisi baik, maka akan berpengaruh positif terhadap tingkah laku psikologis, sebaliknya jika dalam kondisi penuh tekanan dan ancaman, maka akan berpengaruh negative terhadap tingkah laku psikologis. Temuan kedua, motivasi yang membangkitkan tingkah laku psikologis, didasarkan kebutuhan fisiologis dan psikologis yang bersifat intrinsic, hirarkis dan disadari. Temuan ketiga, pemenuhan kebutuhan psikologis anak melalui perlakuaan manusiawi, memiliki korelasi yang signifikan dengan keberhasilan pendidikan. Temuan keempat, pemikiran psikologis kedua tokoh tersebut, secar synthesis memiliki peluang untuk membeikan implikasi positif bagi pengembangan pemikiran psikologis kearah anthropo-religious-centric, orientasi tujuan ganda dan kesempurnaan moral Kata kunci: psikologi sufistik, psikologi humanistic.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information / Pembimbing: Promotor: Prof. Dr. Hj. Zakiah Daradjat
Uncontrolled Keywords: psikologi sufistik, psikologi humanistic.
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Ilmu Agama Islam
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Nov 2014 01:14
Last Modified: 07 Apr 2015 08:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14440

Actions (login required)

View Item View Item