PENGARUH METODE RESITASI DENGAN BIOMONITORING TERHADAP KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI UNTUK PENGAYAAN MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN

SIGIT NATALIYA , NIM. 10680036 (2014) PENGARUH METODE RESITASI DENGAN BIOMONITORING TERHADAP KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI UNTUK PENGAYAAN MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE RESITASI DENGAN BIOMONITORING TERHADAP KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI UNTUK PENGAYAAN MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN)
10730064_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE RESITASI DENGAN BIOMONITORING TERHADAP KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI UNTUK PENGAYAAN MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN)
10680036_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode resitasi dengan biomonitoring terhadap hasil belajar pada ranah kognitif dan karakter peduli lingkungan siswa kelas X di SMA Negeri 1 Banguntapan Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasy Expeiment) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pemilihan sampel menggunakan teknik stratified random sampling dan menggunakan dua kelas, yaitu kelas X4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan penggunaan metode resitasi dengan biomonitoring dan kelas control dengan penggunaan metode ceramah dan demonstrasi. Alat pengumpulan data adalah tes dan angket. Analisis data menggunakan uji statistic Mann Whitney U-test dan Independent sample T-test. Hasil penelitian ini adalah (1) metode pembelajaran resitasi dengan biomonitoring tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan hasil signifikasi pretes dan postes secara berturut-turut 0,065 dan 0,25 (<0,05). (2) metode pembelajaran resitasi dengan biomonitoring berpengaruh terhadap karakter peduli lingkungan dengan nilai sig 0,002 < 0,05. (3) Keanekaragaman hayati di Sungai Klodangan ditemukan 3 jenis/speies makroinvertebrata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Eka Sulistiyowati, S.Si., M.A., M.IWM.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: biomonitoring, hasil belajar, karakter peduli lingkungan.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Nov 2014 08:35
Last Modified: 07 Mar 2016 09:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14443

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum