PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) FISIKA BERBASIS INKUIRI MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE UNTUK PESERTA DIDIK SMA KELAS X

SUTANTA, NIM. 07690030 (2014) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) FISIKA BERBASIS INKUIRI MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE UNTUK PESERTA DIDIK SMA KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) FISIKA BERBASIS INKUIRI MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE UNTUK PESERTA DIDIK SMA KELAS X)
07690030_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka(1).pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) FISIKA BERBASIS INKUIRI MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE UNTUK PESERTA DIDIK SMA KELAS X)
07690030_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika berbasis inkuiri materi Elastisitas dan Hukum Hooke untuk peserta didik SMA kelas X; 2) mengetahui kualitas LKPD yang telah dikembangkan; dan 3) mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research & Development (R&D) dengan model prosedural. Prosedur dalam penelitian ini mengikuti langkah-langkah yang dikemukakan oleh Tim Puslitjaknov yang meliputi 5 langkah utama yaitu: 1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan; 2) mengembangkan produk awal; 3) validasi ahli dan revisi; 4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk; dan 5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Instrumen penilaian berupa angket penilaian kualitas LKPD menggunakan skala Likert. Instrumen untuk siswa berupa angket respon siswa menggunakan skala Guttman. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah 1) telah berhasil dikembangkan produk berupa LKPD Fisika berbasis inkuiri materi Elastisitas dan Hukum Hooke untuk peserta didik SMA kelas X; 2) kualitas LKPD yang dikembangkan adalah sangat baik (SB) berdasarkan penilaian ahli materi dengan perolehan skor rata-rata 3,31; sangat baik (SB) berdasarkan penilaian ahli media dengan perolehan skor rata-rata 3,66; dan sangat baik (SB) berdasarkan penilaian pendidik fisika SMA dengan perolehan skor rata-rata 3,44; dan 3) respon peserta didik terhadap LKPD menyatakan setuju (S) dengan skor 0,93 pada uji coba lapangan skala kecil dan 0,85 pada uji coba lapangan skala besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Siti Fatimah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pengembangan, LKPD, inkuiri, Elastisitas dan Hukum Hooke.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Nov 2014 08:59
Last Modified: 15 Feb 2016 10:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14453

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum