PEMBELAJARAN KITAB KUNING DENGAN PEMAKNAAN ARAB PEGON DI KELAS JURUMIYYAH PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA

JAUHARA SANIYATI , NIM. 10420016 (2014) PEMBELAJARAN KITAB KUNING DENGAN PEMAKNAAN ARAB PEGON DI KELAS JURUMIYYAH PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN KITAB KUNING DENGAN PEMAKNAAN ARAB PEGON DI KELAS JURUMIYYAH PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA)
10420016_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN KITAB KUNING DENGAN PEMAKNAAN ARAB PEGON DI KELAS JURUMIYYAH PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA)
10420016_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)

Abstract

Jauhara Saniyati, Keberhasilan Pembelajaran Kitab AlĀjjurūmiyyah Dengan Metode Pemaknaan Arab Pegon Di Kelas Jurumiyyah Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran kitab Al-Ājjurūmiyyah dengan pemaknaaan Arab pegon, mengetahui imlplikasi pemaknaan Arab pegon dalam pembelajaran kitab AlĀjjurūmiyyah di kelas Jurūmiyyah Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta, mengetahui hasil yang dicapai oleh santri dalam pembelajaran kitab Al-Ājjurūmiyyah dengan pemaknaan Arab pegon. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif yaitu suatu metode untuk menggambarkan data yang telah terkumpul secara jelas dan terperinci sebagaimana adanya serta metode analisis kuantitatif untuk menganalisa hasil tes santri dalam pemahaman terhadap pembelajaran kitab Al-Ājjurūmiyyah menggunakan Arab pegon. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi serta sumber datanya berasal dari para santri dan ustaż kelas Jurumiyyah Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukan (1) Proses pembelajaran kitab AlĀjjurūmiyyah dengan pemaknaan Arab pegon berjalan dengan baik, santri dan ustaż berperan aktif dalam pembelajaran (2) Implikasi yang terjadi yaitu : Santri dapat melatih keterampilan dalam bidang khot, santri dapat meringkas penulisanArab pegon dengan tanda-tanda khusus, santri dapat mengetahui makna per kata dan kedudukannya, santri dapat mengambil berkah, santri terdidik untuk sabar, santri dapat istiqomah dalam belajar (3) Hasil yang diperoleh dari pembelajaran kitab Al-Ājjurūmiyyah dengan pemaknaan Arab pegon cukup baik dengan rata-rata nilai yaitu 71,19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Maksudin
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pembelajaran, kitab Al-Ājjurūmiyyah, Pondok Pesantren Al- Luqmaniyyah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Nov 2014 10:23
Last Modified: 31 May 2017 09:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14460

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum