SISTEM PENDIDIKAN BAGI SANTRI PUTRI DAN BIARAWATI (STUDI KASUS: ASRAMA GEDUNG PUTIH YAYASAN ALI-MAKSUM PONDOK PESANTREN KRAPYAK DAN BIARA SANTA MARIA SAPEN YOGYAKARTA)

SITI QOMALA KHAYATI, S.Pd.I. , NIM. 1220411156 (2014) SISTEM PENDIDIKAN BAGI SANTRI PUTRI DAN BIARAWATI (STUDI KASUS: ASRAMA GEDUNG PUTIH YAYASAN ALI-MAKSUM PONDOK PESANTREN KRAPYAK DAN BIARA SANTA MARIA SAPEN YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (SISTEM PENDIDIKAN BAGI SANTRI PUTRI DAN BIARAWATI (STUDI KASUS: ASRAMA GEDUNG PUTIH YAYASAN ALI-MAKSUM PONDOK PESANTREN KRAPYAK DAN BIARA SANTA MARIA SAPEN YOGYAKARTA))
1220411156_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (SISTEM PENDIDIKAN BAGI SANTRI PUTRI DAN BIARAWATI (STUDI KASUS: ASRAMA GEDUNG PUTIH YAYASAN ALI-MAKSUM PONDOK PESANTREN KRAPYAK DAN BIARA SANTA MARIA SAPEN YOGYAKARTA))
1220411156_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)

Abstract

SITI QOMALA KHAYATI, Sistem Pendidikan Bagi Santri Putri Dan Biarawati (Studi Kasus: Asrama Gedung Putih Yayasan Ali-Maksum Pondok Pesantren Krapyak dan Biara Santa Maria Sapen Yogyakarta). Tesis, Yogyakarta: Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2014. Pada dasarnya tujuan pendidikan agama adalah mempersiapkan para ahli agama. Di Indonesia ada dua lembaga pendidikan agama yaitu pesantren dan biara keduanya secara umum mempunyai kesamaan dalam mendidik secara disiplin dan keilmuan yang ditetapkan kepada para pelajarnya, salah satunya adalah pesantren dan biara. Pesantren sebagai lembaga pendidikan berbasis Islam, Lembaga ini kemudian disiapkan sebagai tempat “penempaan” bagi calon ulama yang akan terjun ke masyarakat. Adapun biara, yang merupakan lembaga pendidikan berbasis agama Katolik muncul sejak bangsa Barat menginjakkan kakinya di bumi Nusantara. Pada tahap selanjutnya terdapat kemiripan tentang sistem yang ada di Pesantren dan Biara. Hal ini yang membuat penulis tertarik untuk meneliti kedua lembaga tersebut. Dalam hal ini peneliti kemudian menjadikan objek penelitan kepada Pesantren Asrama Gedung Putih dan Biara Santa Maria Sapen yang terletak di Kota Yogyakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sistem pendidikan santri putri di Asrama Gedung Putih dan sistem pendidikan biarawati di Santa Maria Sapen Yogyakarta dan untuk mengetahui persamaan dan perbedaan sistem pendidikan santri putri di Asrama Gedung Putih Pondok Yayasan Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak dan sistem pendidikan biarawati di Santa Maria Sapen Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode indepth interview (wawancara mendalam), observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data/display data, penarikan kesimpulan atau verifikasi, sedangkan untuk teknik pemeriksaan keabsahan data adalah dengan ketekunan pengamatan, trianggulasi dan pengecekan data. Hasil penelitian dalam tesis ini menunjukkan beberapa point penting yang ada dikedua lembaga tersebut. Pertama, tersajinya analisis deskriptif Asrama gedung Putih dan Biara Santa Maria yang menghasilkan lima komponen (Tujuan, Pendidik, Peserta didik, Alat-alat pendidikan, dan lingkungan). Kedua, tersajinya sebuah analisis kritis transformatif tentang beberapa kelebihan dan kelemahan di kedua lembaga tersebut yang kemudian menghasilkan beberapa point penting rekomendasi untuk kemajuan kedua lembaga tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ahmad Arifi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Sistem Pendidikan, Santri Putri dan Biarawati
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Nov 2014 13:24
Last Modified: 29 Apr 2015 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14480

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum