IMPLEMENTASI PERATURAN WALIKOTA NOMOR 29 TAHUN 2013 TENTANG PEDOMAN PEMBERIAN BEASISWA MAHASISWA BERPRESTASI BAGI KELUARGA PEMEGANG KARTU MENUJU SEJAHTERA (KMS) DI WILAYAH KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2013

GUSTIN MAHINDA ARI SANDY , NIM. 10340113 (2014) IMPLEMENTASI PERATURAN WALIKOTA NOMOR 29 TAHUN 2013 TENTANG PEDOMAN PEMBERIAN BEASISWA MAHASISWA BERPRESTASI BAGI KELUARGA PEMEGANG KARTU MENUJU SEJAHTERA (KMS) DI WILAYAH KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PERATURAN WALIKOTA NOMOR 29 TAHUN 2013 TENTANG PEDOMAN PEMBERIAN BEASISWA MAHASISWA BERPRESTASI BAGI KELUARGA PEMEGANG KARTU MENUJU SEJAHTERA (KMS) DI WILAYAH KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2013)
10340113_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PERATURAN WALIKOTA NOMOR 29 TAHUN 2013 TENTANG PEDOMAN PEMBERIAN BEASISWA MAHASISWA BERPRESTASI BAGI KELUARGA PEMEGANG KARTU MENUJU SEJAHTERA (KMS) DI WILAYAH KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2013)
10340113_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan merupakan salah satu Hak Asasi Manusia. Untuk menempuh pendidikan tinggi dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, hal ini dianggap sulit bagi keluarga yang kurang mampu. Banyak keluarga kurang mampu yang memiliki anak berprestasi namun tidak dapat melanjutkan pendidikan ke bangku perkuliahan hingga selesai. Untuk membantu biaya perkuliahan, pemerintah kota Yogyakarta memberikan bantuan dana berupa beasiswa yang diatur dalam Peraturan Walikota No. 29 Tahun 20฀3 tentang Pedoman Pemberian Beasiswa Mahasiswa Berprestasi Bagi Keluarga Pemegang Kartu Kartu Menuju Sejahtera (KMS). Namun sering kali pendistribusian beasiswa ini tidak tepat sasaran dan tidak diketahui oleh masyarakat secara langsung. Oleh karena itu, perlu mengangkat persoalan mengenai pelaksanaan dalam pedoman pemberian beasiswa prestasi bagi keluarga ber-KMS di kota Yogyakarta pada tahun 20฀3. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Peraturan Walikota No. 29 Tahun 20฀3 tentang Pedoman Pemberian Beasiswa Mahasiswa Berprestasi Bagi Keluarga Pemegang Kartu Menuju Sejahtera (KMS) di Wilayah Kota Yogyakarta tahun 20฀3. Lokasi penelitian di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta yang merupakan pelaksana teknis pemberian beasiswa. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan penelitian lapangan (฀ield Research), yaitu pengumpulan data melalui literatur, dokumen-dokumen dan lainnya. Serta dilengkapi dengan data lapangan berupa hasil wawancara kepada para responden yang terkait. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemerintah kota Yogyakarta dalam menjalankan Peraturan Walikota No. 29 Tahun 20฀3 tentang Pedoman Pemberian Beasiswa Mahasiswa Berprestasi Bagi Keluarga Pemegang Kartu Menuju Sejahtera (KMS) sudah dilaksanakan dengan cukup baik. Pada tahun 20฀3 penerima beasiswa prestasi ber-KMS tercatat sebanyak 28 mahasiswa dari 45 kelurahan, satu di antaranya menempuh perkuliahan di luar wilayah DIY. Akan tetapi dalam implementasinya terdapat beberapa faktor yang menghambat pelaksanaan pemberian beasiswa prestasi ber-KMS secara merata sehingga perlu menjadi perhatian pemerintah Yogyakarta. Di antaranya adalah kurangnya sosialisasi yang dilakukan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta kepada masyarakat sehingga banyak masyarakat yang tidak mengetahui adanya program tersebut. Selain itu kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan tinggi membuat masyarakat tersebut tidak ingin tahu dengan adanya program pemerintah. Di Samping itu, faktor pendukung dalam pelaksanaan pemberian beasiswa ini yaitu syarat-syarat yang diberikan oleh pemerintah untuk mengurus beasiswa ini tidaklah sulit, sehingga mahasiswa yang menginginkan beasiswa prestasi ber- KMS ini sangat merasa terbantu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nurainun Mangunsong, S.H., M.Hum.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 13 Nov 2014 12:44
Last Modified: 15 Aug 2016 11:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14511

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum